Hubungan unsur-unsur iklan televisi pasta gigi dengan persepsi remaja tentang pesan kesehatan gigi dan mulut dengan (Studi pada siswa/siswi SMP Islam Plus Assalamah Ungaran)
I klan televisi pasta gigi merupakan salah satu media komunikasi yang cukupefektif dalam menyampaikan pesan kesehatan gigi dan mulut. Unsur-unsur iklantelevisi pasta gigi seperti frekuensi menonton, waktu penayangan, komposisiwarna, model iklan, slogan iklan, dan pesan iklan diharapkan dapat membentukpersepsi dari para remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganunsur-unsur iklan televisi pasta gigi dengan persepsi remaja tentang pesankesehatan gigi dan mulut. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional yangdilakukan kepada siswa-siswi SMP Islam Plus Assalamah Ungaran denganjumlah responden 138 siswa. Hasil uji Spearman menunjukkan hasil yangbermakna dengan nilai koefisien korelasi = 0,439 dan p = 0.000 < α = 0,005 makadapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara unsur-unsur iklan televisipasta gigi dengan persepsi remaja tentang pesan kesehatan gigi dan mulut.
T oothpaste television commercials are one of the effective communication mediain promoting oral health. Regarding oral health, elements of the commercials suchas viewing frequency, duration, color combination, commercial models, slogansand messages are expected to build the perception of its viewers, such asteenagers. The aim of this study is to determine the correlation between toothpastetelevision commericals elements and teenager‟s perception regarding oral health.The observational study has been done on 138 students of SMP Islam PlusAssalamah Ungaran Junior High School. Spearman test showed a significantcorrelation with a correlation coefficient of 0,439 and a p value of 0,000 < α =0,005, thus it can be concluded that there is a correlation between toothpastetelevision commericals elements and teenager‟s perception regarding oral health.