Identifikasi tingkat kepuasan pengguna atas kondisi bangunan hotel di Jakarta Barat
J akarta Barat sangat pesat perkembangannya dalam aspek, terutama aspekekonomi bagi para pendatang baru untuk mencari hunian sewa yang dekat sehinggamenghemat waktu dan biaya. Sehingga gedung hotel harus didesain agar penghunimerasakan nyaman. Hal ini menjadi penting bagi konsumen dalam memilih hotelyang sesuai dengan kenyamanan dan kepuasan pengguna hotel. Tujuan penelitianyaitu mengidentifikasi tingkat kepuasan pengguna terhadap kondisi bangunan hoteldi Jakarta Barat. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan kuesioner kepada70 responden yang berasal dari 7 bangunan hotel di Jakarta Barat. Hasil penelitianini didapati hasi bahwa jumlah tingkat nilai keandalan dari tindakan pemeliharaandari sebanyak 7 bangunan hotel diperoleh hasil rata-rata 83.27 yaitu tingkatkeandalan baik. Kemudian variabel yang paling berpengaruh atas kondisi bangunahotel merupakan variabel dengan peringkat 1 sampai 5, yaitu kebersihan fasilitas(X.2.4) dengan nilai mean 4.27. Suasana nyaman (X.3.4) dengan nilai mean 4.26.Akses pintu masuk dan keluar hotel (X.1.2) dengan nilai mean 4.24. Kebersihanlorong (X.2.1) dengan nilai mean 4.24. Kolam renang (X.5.2) dengan nilai mean4.24.
W est Jakarta is developing very rapidly in various aspects, especially economic aspects for newcomers to find shelter Designed hotel buildings must be designed so that residents to be comfort . This becomes important for consumers in choosing an hotel that suits the comfort and satisfaction of hotel dwellers. The research objective is the level of satisfaction with hotel buildings in West Jakarta. Research data collection was carried out with a questionnaire to 70 respondents from 7 hotel buildings in West Jakarta. The results of this study found that the amount valued from the maintenance measures of 7 hotel buildings obtained 83.27 results of good achievement. Then the most decisive variable for hotel buildings is a variable ranked 1 to 5, namely hygiene facilities (X.2.4) with an average value of 4.27. A convenient atmosphere (X.3.4) with an average rating of 4.26. Access entrance and exit hotel (X.1.2) with an average value of 4.24. Hallway cleanliness (X.2.1) with an average value of 4.24. Swimming pool (X.5.2) with an average value of 4.24.