Evaluasi keberadaan rest area di sepanjang jalan tol (Studi Kasus: Ruas Tol Jagorawi)
T ujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penempatan rest area yang sesuai dengan kebutuhan pengguna jalan. Untuk mencapai tujuan pada penelitian ini, maka sasaran yang harus dicapai yaitu teridentifikasinya karakteristik pengguna jalan yang menggunakan rest area di sepanjang ruas Tol Jagorawi, dan teridentifikasinya tingkat pelayanan pada rest area di ruas Tol Jagorawi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna jalan. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder yang meliputi data jumlah fasilitas, kondisi fasilitas, jumlah pengguna, dan karakteristik pengguna. Pengambilan simpulan dilakukan dengan metode deduktif. Pada penelitian ini diperoleh hasil dan dapat disimpulkan bahwa karakteristik pengguna pada masing- masing rest area berbeda-beda dan memiliki pola pergerakan tersendiri, tingkat pelayanan rest area yang tertinggi adalah rest area kilometer 10 dan rest area kilometer 45, untuk yang menengah rest area kilometer 38, dan yang terendah adalah rest area kilometer 21, rest area di ruas Tol Jagorawi memiliki dua tipologi yaitu rest area yang memiliki fungsi sebagai tempat istirahat saja, dan rest area yang memiliki fungsi sebagai tempat istirahat dan sebagai tempat hiburan.
T he purpose of this study is to identify the placement of a rest area that suits the needs of road users. To achieve the objectives of this study, the target which has to be achieved is the identification of the characteristics of road users who usually use the rest area along the Jagorawi Toll Road section, also the level of service identified at the rest area at Jagorawi Toll Road segment that suits the needs of road users. This research is quantitative. This research uses primary and secondary data which includes data on number of facilities, facility conditions, number of users, and user characteristics. The conclusion of this reseach is done by the deductive method. In this study the results obtained and it can be concluded that the characteristics of the users in each rest area are different and have their own movement patterns, the highest level of rest area service is in kilometer 10 and 45, meanwhile for the intermediate rest area is in kilometer 38 , and the lowest area service is in kilometer 21. Rest area in Jagorawi Toll Road has two typologies, first, rest area which has a function as a resting place only, second, it has a function as a resting place and as a place of entertainment.