DETAIL KOLEKSI

Identifikasi perubahan aktivitas ekonomi dan pemanfaatan lahan koridor jalan Pantura setelah beroperasi jalan tol CIPALI


Oleh : Khairunisa Safira

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Willy Arafah

Pembimbing 2 : Sugiharto

Subyek : Land use - Economic aspects

Kata Kunci : toll road, economic activity change, land use change

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_SPW_083001600016_Halaman-Judul.pdf 13
2. 2020_TA_SPW_083001600016_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2020_TA_SPW_083001600016_Bab-1_Pendahuluan.pdf 12
4. 2020_TA_SPW_083001600016_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 33
5. 2020_TA_SPW_083001600016_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 18
6. 2020_TA_SPW_083001600016_Daftar-Pustaka.pdf 4
7. 2020_TA_SPW_083001600016_Bab-4_Gambaran-umum.pdf 35
8. 2020_TA_SPW_083001600016_Bab-5_Analisis-dan-pembahasan.pdf 47
9. 2020_TA_SPW_083001600016_Lampiran.pdf 7
10. 2020_TA_SPW_083001600016_Bab-6_Simpulan-dan-Saran.pdf 4

S uatu aktivitas terutama aktivitas ekonomi membutuhkan ruang sebagai wadah atautempat untuk gerak seseorang maupun kelompok masyarakat untuk kebutuhannya.Keberadaan Jalan Pantura sebagai sarana fisik interaksi bagi pengguna jalan danmasyarakat setempat untuk melakukan aktivitas-aktivitas khususnya aktivitas ekonomi sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari masyarakat yang berada disekitarnya terutama Koridor Jalan Pantura Kawasan Eretan Kulon. Namunberoperasinya jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Juni 2015 menyebabkanpergerakan Jalan Pantura beralih ke jalan tol Cipali memberikan pengaruh terhadapperubahan aktivitas ekonomi dan perubahan pemanfaatan lahan di Koridor JalanPantura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perubahan aktivitasekonomi dan pemanfaatan lahan di Koridor Jalan Pantura setelah beroperasinyajalan tol Cipali dengan mengambil dua tahun perbandingan yaitu tahun 2014 dan2019 serta hubungan perubahan aktivitas ekonomi dan perubahan pemanfaatanlahannya. Penelitian ini menggunakan metode analisis spasial dan analisis statistikdeskriptif. Hasil analisis menunjukkan perubahan sistem transportasi yaituberoperasinya jalan tol Cipali menyebabkan terjadinya penurunan jumlah kegiatanusaha terutama usaha makan karena mengalami gulung tikar, penurunanpendapatan di Koridor Jalan Pantura yang masih di bawah Upah MinimumKabupaten (UMK) Indramayu dan berdasarkan BPS masih tergolong rendah,perubahan alih fungsi guna lahan terluas pada perdagangan dan jasa menjadi tanahperkarangan yang tidak bernilai ekonomi, dan penurunan pemanfaatan lahanberdasarkan fungsi bangunan di koridor Jalan Pantura yang didominasi oleh rumahmakan. Di sisi lain, beroperasi jalan tol Cipali menyebabkan terjadinya penurunanvolume lalu lintas Jalan Pantura akibat berkurangnya bangkitan lalu lintas JalanPantura sehingga kepadatan lalu lintas di Jalan Pantura berkurang.

A n activity especially an economic activity requires space like a container or aplace for the movement of a person or group of people for their needs. The existenceof Jalan Pantura as a physical facility for road users and the community foractivities especially economic activities is to support the daily needs of the peopleinvolved in the vicinity area of Jalan Pantura Eretan Kulon. However, theoperation of the Cikopo-Palimanan (Cipali) toll road in June 2015 caused themovement of the Pantura Road to switch to the Cipali toll road to provide a changein economic activity and land use change in the Jalan Pantura Eretan Corridor.The purposes of this study are to identify changes in economic activities and landuse after the operation of the Cipali toll road by comparing what happened in 2014and 2019 and the relationship between economic activity changes and land usechanges. This study uses spatial analysis method and descriptive statistical analysismethod. The results of the analysis show the number of decreases in economicactivity by 11 business activities, a decrease in land allocation based on theconstruction of restaurants covering an area of 0.55 Ha, and a decrease in businessincome and the total business of the Jalan Pantura Corridor. The results of theanalysis show that changes in the transportation system, the operation of the Cipalitoll road have led to a decrease in the number of business activities, especially thefood business due to bankruptcy, a decreased income in the Pantura Road Corridorwhich is still below the Regency Minimum Wage (UMK) Indramayu and based onBPS is still low, changes conversion of the widest land use function in trade andservices to become yard land which has no economic value, and a decrease in landuse based on the function of buildings in the corridor of Jalan Pantura which isdominated by restaurants. On the other hand, the operation of the Cipali toll roadhas resulted in a decrease in traffic volume on Jalan Pantura due to reduced trafficgeneration on Jalan Pantura so that traffic congestion on Jalan Pantura is reduced.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?