Kajian perubahan penggunaan lahan sebelum dan sesudah gerbang tol Jati Asih beroperasi
P embangunan jalan tol JORR E1 (Cikunir-Jatiasih) diharapkan dapat meningkatkanaksesibilitas pada Kota Bekasi terutama pada Kecamatan Jati Asih. Beroperasinyajalan tol JORR E1 (Cikunir-Jatiasih) pada tahun 2007 menyebabkan perubahanguna lahan pada Kecamatan Jati Asih Kota Bekasi. Di sisi lain, perubahan gunalahan yang terjadi tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Bekasi No 5 tahun2016 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Di sekitar Gerbang Tol Jati Asihditetapkan sebagai zona campuran, namun kondisi eksisting penggunaan lahanadalah sebagai kegiatan perdagangan dan jasa.Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi penggunaan lahan sebelum beropereasinya Gerbang Tol Jati Asihtahun 2006, mengidentifikasi perubahan penggunaan lahan setelah beroperasinyaGerbang Tol Jati Asih tahun 2017, dan mengidentifikasi kesesuaian penggunaanlahan dengan RDTR Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode statistikdeskriptif dan analisis spasial dengan melihat perubahan guna lahan pada radius 1km dari gerbang tol JORR E1 (Cikunir-Jatiasih). Penelitian ini menunjukkan bahwaterjadi alih fungsi lahan di sekitar Kecamatan Jati Asih yang terlihat denganmenurunnya luas dan persebaran pada penggunaan lahan perkebunan, tegalan, dantanah kosong dari tahun 2006-2017. Dalam radius 1 km dari Gerbang Tol Jati Asihpada tahun 2006-2017 terjadi penurunan luas dan persebaran pada perkebunan saja.Hal ini berbanding terbalik dengan permukiman dan gedung/bangunan yangmengalami kenaikan luas serta persebaran dari tahun 2006-2017. Permukiman dangedung/bangunan pun mengalami kenaikan luas dan persebaran dalam radius 1 kmdari Gerbang Tol Jati Asih pada tahun 2006-2017. Untuk kesesuaian dengan RDTRKota Bekasi terdapat ketidaksesuaian pada penggunaan lahan permukiman dantempat kegiatan serta sawah.
R oad construction JORR E1 (Cikunir-Jatiasih) toll road is expected could increaseaccessibility in Bekasi City, especially in Sub-District Jatiasih. Operation StreetThe JORR E1 (Cikunir-Jatiasih) toll road in 2007 caused a change in to use of landin the district of Jati Asih Bekasi City. On the other hand, the change to the use ofland that happened was not in accordance with Bekasi City Regional RegulationNo. 5 of 2016 concerning the Detailed Spatial Plan (RDTR). Around Jati Asih TollGate is set as a mixed zone, however, condition existing use land is as activity tradeand services. Research this aim to identify the use of the land before operating JatiAsih Toll Gate in 2006, identify the change in use of land after the operation of JatiAsih Toll Gate in 2017, and identify the suitability of use land with the Bekasi CityRDTR. Study this use method statistics descriptive and analysis spatial with seechange To use land at a radius of 1 km from gate JORR E1 (Cikunir-Jatiasih) tollroad. Study this show that occurs over function land around Subdistrict teak Thelove that looks with decline area and distribution on use land plantations, fields, andland empty from 2006-2017 years. Within a 1 km radius of Jati Asih Toll Gate in2006-2017 happened drop area and distribution on plantations course. This thingcompares backward with settlements and buildings that experience increase largeas well as spread from 2006-2017 years. Settlements and buildings also experiencedan increase in area and distribution within a 1 km radius of Jati Asih Toll Gate from2006-2017. For suitability with the Bekasi City RDTR, there are inconsistent useof land settlements and places activity and rice fields.