Penilaian risiko pelaksanaan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek
P ada setiap tahapan proyek tidak terlepas dari berbagai risiko yang mempengaruhi baikdari segi produktivitas, kinerja, kualitas dan batasan biaya dari suatu proyek. Risikorisikotersebut mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan suatu proyekkonstruksi. Objek dalam penelitian ini yaitu risiko pelaksanaan pada proyek Light RailTransit (LRT) JABODEBEK. Semakin besar proyek infrastruktur yang ditangani,semakin besar pula tantangan risikonya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahuirisiko-risiko yang terdapat pada proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT)JABODEBEK dengan menyusun peringkat risiko tertinggi. Dengan demikian pada saatpelaksanaan suatu proyek, pihak yang berkepentingan dapat mengetahui danmengantisipasi risiko yang terjadi sehingga pelaksanaan proyek dapat berjalan denganbaik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner kepadapara pelaku konstruksi proyek. Dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakanSPSS kemudian untuk menentukan peringkat risiko dengan menggunakan metode IndexMean sehingga dapat mengetahui variabel risiko yang paling tinggi. Hasil penelitianpenilaian risiko pelaksanaan proyek Light Rail Transit (LRT) JABODEBEK dari limavariabel risiko pelaksanaan proyek berada pada kategori risiko sedang, maka variabelvariabel tersebut tidak perlu dilakukan tindakan pengendalian lebih lanjut, cukup dengan pemantauan berkala. Faktor-faktor yang berpotensi menjadi risiko tinggi pada penelitian ini adalah pembayaran proyek yang tidak tepat waktu, keuangan pemerintah yang bisa menghentikan proses transaksi proyek dan pengendalian jadwal pelaksanaan yang kurang baik.
E ach stage of the project can not be separated from the various risks that affect both interms of productivity, performance, quality and cost constraints of a project. These riskshave a major impact on the success of a construction project. The object of this researchis the implementation risk in the project of Light Rail Transit (LRT) JABODEBEK. Thelarger the infrastructure projects are handled, the greater the risks. The purpose of thisresearch is to know the risks in JABODEBEK Light Rail Transit (LRT) project bymaking the highest risk rating. Thus at the time of implementation of a project, interestedparties can know and anticipate the risks that occur so that the implementation of theproject can run well. Data collection was done by interviewing and distributingquestionnaires to project construction actors. The validity and reliability test are doneusing SPSS and then determining the risk rating is done by using the method of IndexMean so the highest risk variable can be known. The results of the risk assessment ofJABODEBEK Light Rail Transit (LRT) project implementation of the five risk variables,project implementation is in the medium risk category, then those variables need nofurther control measures, simply by regular monitoring. Factors potentially with high riskin this research are inaccurate project payments, government finances that could stop the project transaction process and poor implementation schedule control.