Peningkatan usability aplikasi myim3 dengan teknik evaluasi usability testing dan system usability scale
M yIM3 merupakan aplikasi layanan mobile dari Indosat Ooredoo untuk mengisi pulsa, membayar tagihan, mencari maupun mengaktifasi paket dan masih banyak lainnya. Aplikasi myIM3 dalam Google Playstore saat ini (2/10/2021) mendapatkan rating 4,4 dari skala 5, dimana pada kolom review beberapa pengguna mengeluhkan terhadap aplikasi myIM3 dari aspek fungsionalitas dan kegunaan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat usability pada aplikasi myIM3 menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan usability testing. Dari hasil pengujian aspek efektivitas menunjukkan sebesar 56% dan efisiensi sebesar 553,05 detik untuk kelompok awam, sedangkan untuk kelompok paham untuk aspek efektivitas sebesar 44% dan efisiensi sebesar 261,12 detik. Berdasarkan pengukuran SUS didapatkan bahwa jumlah skor rata - rata SUS aplikasi myIM3 sebesar 58,25/100 pada kategori peringkat buruk dengan nilai D. Usulan perbaikan dilakukan berupa prototipe interaktif yang memperhatikan User Experience pengguna menggunakan bantuan software Adobe XD. Pada akhirnya secara umum aplikasi sudah sesuai dengan harapan pengguna, dengan berkurangnya persentase kegagalan pada kelompok paham menjadi 40% dan berkurangnya waktu pengerjaan skenario tugas pada kelompok awam menjadi 390,5 detik. Selain itu skor rata-rata SUS mengalami kenaikkan dengan nilai sebesar 69,25/100 pada kategori peringkat B.
M yIM3 is a mobile service application from Indosat Ooredoo to top up credit, pay bills, search for or activate packages and many others. The myIM3 application in the Google Playstore currently (2/10/2021) gets a rating of 4,4 out of 5, where in the review column some users do not display the myIM3 application from the aspect of functionality and usability. Therefore, the purpose of this study is to measure and develop the usability level of the myIM3 application using the System Usability Scale (SUS) and usability testing methods. The results of testing the effectiveness aspect shows 56% and the efficiency is 553,05 seconds for the lay group, while for the understanding group for the effectiveness aspect it is 44% and the efficiency is 261,12 seconds. Based on the SUS measurement, it was found that the average SUS score for the myIM3 application was 58,25/100 in the poor rating category with a D value. Improvements were made in the form of an interactive prototype that paid attention to the user's User Experience using Adobe XD software. In the end, in general, the application was in accordance with user expectations, with a reduced percentage of failure in the understanding group to 40% and a reduced time for working on task scenarios in the lay group by 390,5 seconds. In addition, the average score of SUS has increased with a value of 69,25/100 in the category B rank