DETAIL KOLEKSI

Evaluasi geometri jalan angkut overburden untuk mencapai target produksi alat gali muat dan alat angkut di PT Manggala Usaha Manunggal


Oleh : Abraham Evodie Mancana

Info Katalog

Nomor Panggil : 902/TT/2023

Penerbit : FTKE - USakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Masagus Ahmad Azizi

Pembimbing 2 : Ririn Yulianti

Subyek : Productivity;Excavators

Kata Kunci : production targets, productivity, geometry of haul roads

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_STT_073001500102_Halaman-judul.pdf 42
2. 2023_TA_STT_073001500102_Pengesahan.pdf 12
3. 2023_TA_STT_073001500102_Bab-1_Pendahuluan.pdf 12
4. 2023_TA_STT_073001500102_Bab-2_Tinjauan-Literatur.pdf 20
5. 2023_TA_STT_073001500102_Bab-3_Kerangka-Konsep.pdf 18
6. 2023_TA_STT_073001500102_Bab-4_Metode.pdf 84
7. 2023_TA_STT_073001500102_Bab-5_Kesimpulan.pdf 6
8. 2023_TA_STT_073001500102_Daftar-Pustaka.pdf 6
9. 2023_TA_STT_073001500102_Lampiran.pdf 114

T arget produksi akan mendapatkan hasil yang optimal apabila faktor yangmempengaruhi nilai produksi dievaluasi agar memenuhi tingkat produktivitasyang efisien. Salah satu faktor yang mempengaruhi ketercapaian target produksiialah geometri jalan, dimana alat angkut akan melintas melalui jalan dari loadingpoint sampai ke disposal area. Penelitian ini akan mengevaluasi tentang geometrijalan sehingga diperoleh geometri jalan yang cocok dengan kapabilitas alatsehingga mencapai tingkat produktivitas yang efektif. Dengan melakukanpenelitian, maka akan diketahui berapa banyak jumlah ideal dari alat gali muatdan alat angkut, untuk mencapai target produksi. Dari hasil penelitian didapatkanbahwa lebar jalan angkut overburden masih di bawah standar perusahaan denganrata-rata lebar jalan kondisi lurus 15,71 meter dan jalan kondisi tikungan 14,61meter. Dari data lapangan diperoleh rata-rata grade jalan tambang sebesear 3,19%yang dimana masih sesusai dengan standar yang ditetapkan perusahaan. Setelahdilakukan simulasi perbaikan lebar jalan dimana lebar jalan kondisi lurus menjadi18 meter dan lebar jalan kondisi tikungan menjadi 20,5 meter, didapatkanpeningkatan cycle time yang pada aktual nya 13,62 menit menjadi 12,24 menit.Dari hal ini terjadi peningkatan produksi dari 5009,63 BCM menjadi 6354,59BCM.

T arget production will be achieve optimally, if all the factor that affect the valueof production are evaluated in order to meet the level of efficient productivity.One of the factor that affect the achievement of production target is roadgeometry, where conveyance will pass through from loading point to disposalarea. This research will be evaluating road geometry, so that the road geometry isobtained that matches the the capabilities of the equipment so as to achieve themaximum level of productivity. With the proper road geometry that theconveyance pass, it is hoped that the maximum productivity value of thetransportation equipment will be achieved and the achievement of thepredetermined production target. From this research, the researcher obtainedthat the width of the overburden haul road still below the company’s standard,with the average of straight road is 15,71 m and the turning road is 14,61 m.From the field data, the average mining road grade is 3.19%, which is still inaccordance with the standards set by the company. After simulating the width ofhaul road according to company’s regulation, become 18 meter for the straightroad and 20,5 meter for the turning road, from that there’s an improvement ofcycle time from the actual 13,62 minute become 12,24 minute. Because of thatimprovement, cause the improvement of production from 5009,63 BCM to 6354,59BCM.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?