Perancangan penyeimbangan lini perakitan dengan metode ranked positional weight (rpw) dan genetic algorithm (ga) untuk pencapaian target produksi lever assy parking brake no 46210-ok040 pada divisi welding di PT. Nusa Toyotetsu Corp
P T. Nusa Toyotetsu Corporation merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi part dari logam di dunia otomotif. Dalam proses produksi terdapat penumpukkan part (bottle neck) di beberapa stasiun kerja. Kendala tersebut dikarenakan tidak meratanya beban kerja antar stasiun kerja di lini perakitan divisi welding. Dampak dari masalah tersebut adalah tidak tercapainya target produksi perusahaan. Pada divisi welding terdapat 7 produk yang dihasilkan yaitu produk Body Pillar Upper, Lower Back, Bracket, Lever Assy Parking Brake Support Assy Brake Pedal, Support Sub Assy Suspension Arm dan Support Sub Assy Upper Control Arm. Rata-rata produk permintaan terbesar bulan Oktober-Desember 2013 terdapat pada produk Lever Assy Parking Brake No 46210-OK040 yaitu sebesar 22.067 unit/bulan. Lini perakitan produk Lever Assy Parking Brake No 46210-OK040 memiliki 83 elemen kerja yang dialokasikan ke dalam 15 stasiun kerja. Output yang di produksi untuk lini perakitan awal saat ini adalah sebesar 984 unit/hari, sehingga kondisi lini perakitan saat ini belum memenuhi target produksi perusahaan. Target produksi tersebut sebesar 1.104 unit/hari. Effisiensi lini perakitan saat ini sebesar 45,65%. Untuk mengatasi permasalahan tidak tercapainya target produksi, maka dilakukan penyeimbangan lini perakitan dengan menggunakan metode Ranked Positional Weight (RPW) dan Genetic Algorithm (GA). Penyeimbangan lini perakitan dengan menggunakan RPW memiliki 83 elemen kerja yang dialokasikan ke dalam 9 stasiun kerja. Effisiensi lini perakitan dengan RPW adalah 86,37%. Hasil yang sama diperoleh jika melakukan penyeimbangan lini perakitan menggunakan metode GA. Penyeimbangan lini perakitan dengan metode RPW dan GA menghasilkan output produksi sebesar 1.117 unit/hari atau 1% diatas target produksi, dimana lini perakitan tersebut telah memenuhi target produksi.
P T. Nusa Toyotetsu Corporation is a company engaged in the production of parts of metal in the automotive world. In the production process there is a stacking of parts (bottle neck) in some work stations. This constraint is due to uneven workload between workstations in assembly line of welding division. The impact of the problem is not achieving the company's production target. In the welding division there are 7 products produced are Body Pillar Upper, Lower Back, Bracket, Lever Assy Parking Brake Support Assy Brake Pedal, Support Sub Assy Suspension Arm and Support Sub Assy Upper Control Arm. The biggest product demand for October-December 2013 is Lever Assy Parking Brake No 46210-OK040 which is 22,067 units / month. Lever Assy Parking Assembly line Parking Brake No 46210-OK040 has 83 work elements allocated to 15 work stations. The production output for the initial assembly line is currently 984 units / day, so the assembly line condition has not met the company's production target yet. The production target is 1,104 units / day. The assembly line's current efficiency is 45.65%. To overcome the problem of not achieving production targets, the assembly line balancing is done by using Positional Weight (RPW) and Genetic Algorithm (GA) methods. The assembly line balancing using RPW has 83 work elements allocated to 9 workstations. The assembly line efficiency with RPW is 86.37%. The same result is obtained when doing assembly line balancing using GA method. The assembly line balancing with RPW and GA method produces a production output of 1,117 units / day or 1% above the production target, where the assembly line has met the production target.