Analisis pengaruh grade jalan pada kegiatan produksi terhadap konsumsi bahan bakar dump truck di PT Lotus SG Lestari
P enelitian ini dilaksanakan di PT Lotus SG Lestari yang merupakan perusahaan tambang batuan andesit. Pada penelitian ini dilakukanya analisis pengaruh grade jalan dan juga jarak angkut terhadap konsumsi bahan bakar alat angkut. alat angkut yang digunakan pada perusahaan ini adalah Dump Truck Hino 500 Fm 260 JD, dimana target produktivitas yang di tetapkan oleh perusahaan sebesar 479 ton/jam dan pada kondisi aktual belum tercapai. dari pengamatan yang dilakukan di lapangan, hasil yang di dapatkan adalah semakin tinggi grade jalan maka akan menyebabkan konsumsi bahan bakar dari alat angkut tersebut juga akan semakin besar. penelitian ini difokuskan pada dua jalan angkut yaitu bench 10 ke hopper dan dari bench 6 ke hopper, konsumsi bahan bakar dari bench 10 ke hopper sebesar 26,59 liter/jam dengan rata - rata grade jalan 6% yang memiliki jarak angkut 1108 m, sedangkan dari bench 6 je hopper sebesar 27,55 liter/jam dengan grade jalan sebesar 13% yang memiliki jarak angkut 900 m. produktivitas dump truck pada tiap jalan angkut yang didapatkan berdasarkan pengamatan dilapangan adalah pada bench 10 sebsar 74,3 bcm/jam dan pada bench 6 yaitu 70,89 bcm/jam sehingga fuel ratio yang dihasilkan dari tiap jalan angkut sebesar 0,357 l/bcm dan 0,388 l/bcm. simulasi perbaikan grade jalan diatas >12%. Hasil setelah dilakukan simulasi addalah cycle time yang didapat pada bench 6 yaitu 8,58 menit dengan produktivitas sebesar 87,5 bcm/jam, sedangkan bench 10 yaitu 8,42 menit dengan produktivitas 98,17 bcm/jam. fuel ratio yang di dapat setelah dilakukan simulasi adalah 0,270 liter/bcm untuk bench 10 dan 0,314 liter/bcm untuk bench 6.
t he research was conducted at PT Lotus SG Lestari which is an andesite mining company. in thi study, an analysis of the effect of road grade and hauling distance on the fuel consumption of the conveyance was carried out. the means of conveyance used by this company is the hino 500 Fm 260 Jd dump truck, where the productivity target set by the company is 479 tons/hour and actual conditions it has not been achieved. from observations made in the field, the results obtained are that the higher the road grade, the greater the fuel consumption from bench 10 to the hopper and from bench 6 to the hopper. fuel consumption from bench 10 to the hopper is 26.59 liters/hour with average road grade of 6% which has a hauling distance of 1108 m, whilw from bench 6 to the hopper it is 27,55 liters/hour with an average road grade of 13% which has a hauling distance of 900m. the productivity of dump truch on each haul road obtained based on field observations is on bench 10 of 74,3 bcm/hour and on bench 6 of 70,89 bcm/hour so that the resulting fuel ratio from each haul road is 0,357 l/bcm and 0,388 l/bcm. simulation of road grade improvement above >12%. the results after simulation is the cycle time obtained on bench 10 is 8,42 minutes with a productivity of 98,17 bcm/hour. the fuel ratio obtai ed after conducting the simulation is 0,270 liter/bcm for bench 10 and 0,314 liter/bcm for bench 6.