DETAIL KOLEKSI

Analisis kinerja parking meter pada Jalan Cikini Raya dan Jalan H. Agus Salim, DKI Jakarta


Oleh : Daffa Maulana

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Budi Hartanto Susilo

Subyek : Parking meters - Designs and plans;Open spaces

Kata Kunci : parking meter, effectiveness, convenience level, operation and maintenance.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_STS_051001600089_Halaman-Judul.pdf
2. 2021_TA_STS_051001600089_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2021_TA_STS_051001600089_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2021_TA_STS_051001600089_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2021_TA_STS_051001600089_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_STS_051001600089_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2021_TA_STS_051001600089_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2021_TA_STS_051001600089_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2021_TA_STS_051001600089_Lampiran.pdf

P arking meter merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur waktu lama parkir dan dapat menerima pembayaran uang parkir. Beberapa ruas jalan di Ibukota Jakarta sudah menggunakan parking meter sebagai metode pembayaran parkir, termasuk di Jalan Cikini Raya dan Jalan H. Agus Salim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan parking meter, tingkat kenyamanan, operasi dan pemeliharaan serta mencari solusi alternatif untuk meningkatkan kinerja mesin parking meter. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan jumlah pengguna, pendapatan dan penggunaan mesin parking meter dapat dikatakan efektif, namun tujuan awal adanya mesin ini belum tercapai karena secara pelayanannya masih dibantu oleh juru parkir. (2) Konfigurasi pola parkir paralel lebih menyulitkan pengemudi untuk melakukan manuver dibandingkan dengan pola parkir bersudut. Durasi rata – rata layanan mesin parking meter berdasarkan pengamatan di lapangan yaitu 33,2 detik, lebih lama 10% dibandingkan durasi standar menurut Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta yaitu 30 detik. Pemeliharaan yang dilakukan oleh Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah cukup baik, hal itu dapat dilihat dari seluruh mesin parking meter yang masih tetap beroperasi di kedua ruas jalan tersebut. (3) Tingkat kenyamanan pengguna di kedua ruas jalan tersebut dapat di kategorikan “nyaman”. (4) Untuk meningkatkan kinerja mesin parking meter, diperlukan edukasi dan sosialisasi secara rutin kepada masyarakat terkait penggunaan mesin parking meter agar tujuan awal adanya alat ini bisa tercapai.

P arking meter is a device used to measure the length of time parking and can receive payment for parking fees. Several roads in the capital city of Jakarta have used parking meters as a payment method for parking, including Jalan Cikini Raya and Jalan H. Agus Salim. The purpose of this research is to find out how effective the parking meter is, the convenience level, operation and maintenance also to find alternative solutions to improve the performance of the parking meter machine. This research is included in qualitative research. Data was collected through interviews and field observations. The results of this study indicate that: (1) Based on the number of users, income and use of the parking meter machine can be said to be effective, but the initial purpose of the machine has not been achieved because the service is still assisted by a parking attendant. (2) The parallel parking pattern configuration is more difficult for the driver to maneuver than the angular parking pattern. The average duration of parking meter machine service based on field observations is 33.2 seconds, 10% longer than the standard duration according to the DKI Jakarta Transportation Office Parking Management, which is 30 seconds. The maintenance conducted by DKI Jakarta Transportation Office Parking Management Unit is quite good, it can be seen from all parking meter machines that are still operating on both roads. (3) The level of user convenience on the two roads can be categorized to be "Convenient". (4) To improve the performance of the parking meter machine, regular education and socialization are needed to the community regarding to the use of parking meter machines in order to achieve the initial purpose of the machine.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?