Pengaruh online innovation terhadap repurchase intention yang dimediasi oleh customer experience terhadap hotel bintang tiga dan empat di Jawa dan Bali
P enelitian ini menyelidiki bagaimana customer experience memediasi hubungan antara online innovation dan repurchase intention kembali pada hotel bintang tiga dan/atau empat di Provinsi Jawa dan/atau Bali di Indonesia. Data dikumpulkan dari 150 klien hotel bintang tiga atau empat di Provinsi Jawa dan/atau Bali yang telah menjadi klien setidaknya selama dua tahun terakhir. Permodelan persamaan struktural (SEM) digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel. Sedangkan untuk variabel mediasi analisis dilakukan dengan menggunakan sobel test. Hasil dari analisis menunjukan bahwa online innovation tidak berpengaruh terhadap repurchase intention yang lebih tinggi. Namun, hal itu mengarah pada customer experience yang lebih baik menunjukan bahwa customer experience mengarah kepada repurchase intention. Online innovation saja masih belum cukup untuk mempengaruhi repurchase intention yang signifikan tanpa customer experience yang signifikan. Oleh karena itu, customer experience memediasi hubungan antara online innovation dan repurchase intention. Pada penelitian ini, variabel yang digunakan hanya ada tiga, dimana variabel lain tidak dilibatkan. Selain itu, penelitian ini hanya ditujukan kepada konsumen hotel bintang tiga dan/atau empat di Provinsi Jawa, dan/atau Bali di Indonesia yang telah menjadi klien hotel dalam dua tahun terakhir. Penelitian ini menunjukan bahwa online innovation tidak secara langsung mempengaruhi peningkatan repurchase intention yang positif. Manajer hotel harus menegakan customer experience yang baik untuk profitabilitas yang lebih baik.
T his study investigates how customer experience mediates the relationship between online innovation and repurchase intention on three and/or four stars hotel in the Province of Java and/or Bali in Indonesia. Data was collected from 150 clients from three and or four stars hotel in Province of Java and/or Bali that has been a client for at least in the last two years. Structural equation modelling was used to analyse the relationship between the variables. As for the mediating variable, the analysis was carried out using the Sobel Test. Results from the analysis indicate that online innovation does not have an effect towards higher repurchase intentions. But it does lead to better customer experience, affirming that customer experience leads to repurchase intentions. Online innovation alone still does not have an impact towards repurchase intentions without a significant customer experience. Therefore, customer experience mediates the relationship between online innovation and repurchase intention. This study only uses three variables, where other variables were not involved. Also, this study only addressed consumers of three and/or four stars hotel in the Province of Java and/or Bali in Indonesia that has been a client in the last two years. The study shows that online innovation does not automatically lead to increased positive repurchase intention. Hotel managers must enforce good customer experience for better profitability.