DETAIL KOLEKSI

Hubungan tingkat stres dengan motivasi belajar pada siswa SMA tingkat akhir

1.4


Oleh : Yasinta Ratna Sari

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1811

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Purnamawati Tjhin

Subyek : Stess;Motivation

Kata Kunci : stress, adolescents, students, learning motivation

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_SKD_030001700124_Halaman-judul.pdf
2. 2021_TA_SKD_030001700124_Pengesahan.pdf 1
3. 2021_TA_SKD_030001700124_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2021_TA_SKD_030001700124_Bab-2_Tinjauan-literatur.pdf
5. 2021_TA_SKD_030001700124_Bab-3_Kerangka-konsep.pdf
6. 2021_TA_SKD_030001700124_Bab-4_Metode.pdf
7. 2021_TA_SKD_030001700124_Bab-5_Hasil.pdf 3
8. 2021_TA_SKD_030001700124_Bab-6_Pembahasan.pdf 5
9. 2021_TA_SKD_030001700124_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2021_TA_SKD_030001700124_Daftar-pustaka.pdf 6
11. 2021_TA_SKD_030001700124_Lampiran.pdf

L ATAR BELAKANG Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan kegiatan dan arah pembelajaran sehingga tercapainya tujuan dari pelajar, sehingga berperan terhadap prestasi belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah kondisi pelajar baik fisik maupun psikis. Stress adalah respon tubuh terhadap ketidakmampuan menghadapi tuntutan yang diterima yang bisa mengganggu kesehatan. Pada penelitian didapatkan 37,7% mahasiswa tahun pertama memiliki motivasi rendah dikarenakan stress. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan tingkat stress dengan motivasi belajar pada siswa SMA tingkat akhir.METODEMetode penelitian ini yaitu analitik observasional dengan pendekatan cross sectional Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling pada pelajar kelas 12 SMA X Jambi, menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress Scale 42 dan Academic Motivation Scale. Analisis data menggunakan program SPSS dan digunakan uji chi-square dengan nilai p<0,05 maka didapat hubungan bermakna.HASILMotivasi belajar tinggi banyak dimiliki oleh pelajar dengan stress normal (30%) sedangkan motivasi belajar rendah lebih banyak didapatkan pada pelajar dengan stress berat (35,5%) dan sangat berat (50%). Pada uji chi-square diperoleh hasil p=0,014 (p<0,05) dimana terdapat hubungan bermakna antara tingkat stress dengan motivasi belajar siswa SMA tingkat akhir. KESIMPULAN Terdapat hubungan bermakna antara tingkat stress dengan motivasi belajar pada siswa SMA tingkat akhir. Pelajar yang mengalami stress berat dan sangat berat cenderung memiliki motivasi belajar rendah.

B ACKGROUND Learning motivation is a force that supports and provides direction for learning activities to achieve student’s objectives thus it plays a role in learning achievement. One of the factors influencing learning motivation is student’s condition both physically and psychologically. Stress is response to an inability to deal with problems that can damage health. In a research, 37,7% freshman college students had a low motivation due to stress. The research’s purpose is to know the correlation between stress level and learning motivation in senior high school final year students. METHOD This research is an analytic observational with cross-sectional design. The selection of subject was conducted by simple random sampling technique on 12th grade students of X High School Jambi using Depression Anxiety Stress Scale 42 and Academic Motivation Scale. Data analysis was done by chi-square test using SPSS program with p<0,05 indicating a correlation. RESULTS High learning motivation was mostly owned by normal stress students (30%) while low learning motivation was found highest in students with severe stress (35,5%) and extremely severe stress (50%). The chi-square test result was p=0,014 (p<0,05) which means there is a significant correlation between stress level and learning motivation of final year high school students.CONCLUSION There is a correlation between stress level and learning motivation on final year high school students. Students with severe and extremely severe stress level tend to have low learning motivation.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?