Analisis kekuatan struktur tempat parkir otomatis bertingkat 2 untuk sepeda motor menggunakan Metode Finite Elements
S aat ini pemilik kendaraan roda dua di Indonesia khususnya Jakarta terusmeningkat setiap tahunya. Jumlah kendaraan roda dua yang semakin banyaktentunya menimbulkan banyak permasalahan antara lain kemacetan dankesemrawutan. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasanya lahan parkir. Parkirdi Indonesia khususnya Jakarta masih menggunakan sistem parkirkonvensional/manual, ditambah dengan tidak teraturnya pemilik kendaraan dalammemarkirkan kendaraannya, oleh karena itu dibutuhkan pembuatan struktur tempatparkir bertingkat dengan desain 2 tingkat agar dapat memanfaatkan lahan yangterbatas dan mampu memiliki kapasitas parkir sebanyak 12 sepeda motor. Namununtuk mengetahui struktur tempat parkir beringkat mampu atau tidak menampung12 sepeda motor, maka dilakukanlah analisis dari aspek kekuatan struktur tempatparkir menggunakan metode finite elements dengan model 3D yang dibuat padasoftware solidworks. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desiain strukturtempat parkir dan analisis untuk mengetahui distribusi tegangan yang terjadi padastruktur tempat parkir dengan pembebanan 1 sepeda motor adalah 110 kg.Mempertimbangkan beban kombinasi maka akan didapat beban yang terjadi padastruktur tempat parkir dan beban tersebut yang akan digunakan dalam simulasi.Berdasarkan simulasi dengan kondisi pembebanan sebesar 3011,21 [N]menunjukan distribusi beban yang diterima pada struktur tempat parkir. Teganganmaksimum yang terjadi pada area batang utama sebesar 5,274 MPa, dibawahtegangan tarik struktur dengan material S45C yaitu 625 MPa bahkan dibawahtegangan luluh material S45C yaitu 490 MPa. Hasil simulasi membuktikan bahwadesain struktur dan material yang digunakan mampu menampung 12 sepeda motor.
N owadays the number of motorcycle ownership in Indonesia, especiallyJakarta, continues to increase every year. Increasing of motorcycle ownership iscertainly many problems that is traffic jam and chaos. One of the reasons is thescarcity of parking space. Parking lot in indonesia, especially at jakarta usingconvetional or manual parking system and disorganized in parking the motorcycle.Therefore, it is necessary to build multy storey parking lot structure to be able totake advantage of the limited land and be able to have a parking capacity of 12motorcycle. However, to find out whether the parking lot structure canaccommodate 12 motorbikes or not, an analysis of the strength aspect of the parkinglot structure is carried out using the finite element method with a 3D model madeon solidworks software. The purpose of this study is to design a parking lot structureand analyze to determine the stress distribution that occurs in the parking lotstructure with a loading of 1 motorbike of 110 kg. Considering the combined load,the load that occurs on the parking lot structure will be obtained and that load willbe used in the simulation. Based on a simulation with a loading condition of3011.21 [N], it shows the distribution of the load received on the parking lotstructure. The maximum stress that occurs in the main rod area is 5.274 MPa,below the tensile stress of the structure with S45C material, which is 625 MPa, evenbelow the yield stress of S45C material, which is 490 MPa. The simulation resultsprove that the structural design and materials used can accommodate 12motorcycles.