Analisis penggunaan bahan bakar alat galian muat dan alat angkut dalam proses pengupasan tanah penutup di PT Buma Jobsite SDJ PIT Aje Central, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
P enggunaan bahan bakar yang tinggi menyababkan perlunya dilakukan pengawasan agar bahan bakar yang digunakan optimal dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Penelitian dilakukan di pit AJE Central PT BukitMakmur Mandiri Utama (BUMA) Jobsite SDJ, Tanah Bumbu, KalimantanSelatan pada proses pengupasan tanah penutup dengan tujuan untukmengoptimalkan produktivitas alat angkut guna mendapatkan nilai fuel ratio yangyang lebih rendah. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah ex post factodimana peneliti akan meneliti kejadian yang terjadi di lapangan dan selanjutnyamenentukan penyebab dan faktor yang menimbulkan kejadian tersebut.Produktivitas aktual alat angkut pada fleet 01 menjadi 320,9 bcm/jam, pada fleet02 sebesar 325,4 bcm/jam dan pada fleet 03 menjadi 322,9 bcm/jam. Denganmenggunakan komposisi alat yang ideal, didapat nilai produktivitas sebesar713,12 bcm/jam. Rata-rata Penggunaan bahan bakar alat galimuat pada fleet 01sebesar 60,78 liter/jam, pada fleet 02 sebesar 63,65 liter/jam, dan pada fleet 03sebesar 39,38 liter/jam. Penggunaan bahan bakar alat angkut pada fleet 01 sebesar54,10 liter/jam, pada fleet 02 sebesar 45,45 liter/jam, dan pada fleet 03 sebesar63,40 liter/jam. Fuel Ratio aktual pada fleet 01 sebesar 1.03 liter/bcm, pada fleet 02sebesar 1.03 liter/bcm dan pada fleet 03 sebesar 0.96 liter/bcm, setelahmenggunakan komposisi alat yang sesuai nilai Fuel Ratio mengalami perubahanmenjadi 0.87 liter/jam.
T he high use of fuel causes the need for supervision so that the fuel used is optimalat a high level of productivity. The research was conducted at PT Bukit MakmurMandiri Utama (BUMA) Jobsite SDJ's AJE Central pit, Tanah Bumbu, SouthKalimantan on the overburden stripping process with the aim of optimizing thetransport productivity tool in order to get a lower fuel ratio value. The method usedin this research is ex post facto where the researcher will examine the events thatoccur in the field and then determine the causes and factors that cause these events.The actual productivity of the transportation means in fleet 01 is 320.9 bcm / hour,in fleet 02 it is 325.4 bcm / hour and in fleet 03 it is 322.9 bcm / hour. By using theideal tool composition, the productivity value is 713.12 bcm / hour. The averageuse of fuel for the loading tool in fleet 01 is 60.78 liters / hour, in fleet 02 is 63.65liters / hour, and in fleet 03 is 39.38 liters / hour. The use of fuel for transportationmeans in fleet 01 is 54.10 liters / hour, in fleet 02 is 45.45 liters / hour, and in fleet03 is 63.40 liters / hour. The actual Fuel Ratio on fleet 01 is 1.03 liter / bcm, on fleet02 is 1.03 liter / bcm and on fleet 03 is 0.96 liter / bcm, after using the compositionof tools according to the value of the Fuel Ratio changes to 0, 87 liters / hourKeyword: Productivity, Fuel, Fuel Ratio