Hubungan fungsi atensi dengan fungsi eksekutif pada siswa kelas 2 SD
K asus hambatan belajar di Indonesia sekitar 10-15 % dari seluruh siswa SD dan SMP. Masalah gangguan belajar meliputi gangguan kognitif yang melibatkan aspek memori, atensi, fungsi eksekutif, persepsi, bahasa dan fungsi psikomotor. Atensi mempengaruhi fungsi eksekutif melalui jalur lobus frontal dan korteks prefrontal, sehingga apabila seorang anak dengan gangguan atensi maka akan mengalami disfungsi eksekutif. Tujuan penelitian ini melihat hubungan fungsi atensi dengan fungsi eksekutif dengan menggunakan tes vigilance dan verbal fluency. Penelitian ini bersifat observasional dengan desain cross sectional pada 60 siswa kelas 2 SD di SD Negeri 010 Ujungbatu, Rokan Hulu, Riau. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diukur secara langsung untuk menilai fungsi atensi dan fungsi eksekutif dengan menggunakan tes vigilance dan tes verbal fluency. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2016. Untuk mencari hubungan fungsi atensi dengan fungsi eksekutif menggunakan uji chi-square pada program SPSS for Windows versi 20.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji chi-square, terdapat hubungan fungsi atensi dengan fungsi eksekutif pada siswa kelas 2 SD dengan nilai P = 0,009 (P < 0,05). Penelitian ini menunjukan terdapat hubungan fungsi atensi dengan fungsi eksekutif pada siswa kelas 2 SD.
C ases of learning barriers in Indonesia are around 10-15% of all elementary and junior high school students. Learning problems include cognitive impairments that involve aspects of memory, attention, executive functions, perception, language and psychomotor function. Attention affects executive function through the frontal lobe and prefrontal cortex, so that if a child with attention disorders will experience executive dysfunction. The purpose of this study is to see the relationship between attention function and executive function by using vigilance and verbal fluency tests. This research is observational with cross sectional design in 60 students of grade 2 elementary school in SD Negeri 010 Ujungbatu, Rokan Hulu, Riau. The data collected is primary data that is measured directly to assess the attention function and executive functions by using vigilance tests and verbal fluency tests. This research was conducted from July to August 2016. To find the relationship of attention function with executive function using the chi-square test on SPSS for Windows version 20.0. Based on the results of the analysis that has been carried out using the chi-square test, there is a relationship between the attention function and the executive function in grade 2 elementary school students with a P = 0.009 (P <0.05). This study shows that there is a relationship between attention function and executive function in grade 2 elementary school students.