Peran promosi cafe dan restoran Lot9 Bintaro melalui media desain komunikasi visual
P eran promosi cafe dan restoran Lot9 Bintaro melalui media desain komunikasi visual ini bertujuan sebagai media promosi cafe dan restoran Lot9 Bintaro yang bertempat di Jl. Arteri Bintaro No.78, Bintaro Sektor 9, pondok Aren, Tangerang yang selama ini belum banyak dikenal masyarakat umum, sehingga dengan adanya perancangan media promosi ini dapat mengenalkan tentang produk makanan khas Indonesia kepada masyarakat luas. Proses perancangan melalui tahapan pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weakness,Opportunities, and Threats). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi selanjutnya data diolah menjadi konsep perancangan mediapromosi sehingga membentuk kesatuan dalam desain dan kesimpulan dalam proses pembuatan media promosi. Hasil dari perancangan media promosi berupa media utama (prime media) yang digunakan yaitu poster dan spanduk, sedangkan media penunjang (supporting media), antara lain x-banner, flayer, billboard, buku menu, iklan majalah, dan merchandise berupa stiker, mug, gantungan kunci dan pin. Konsep perancangan media promosi cafe dan restoran Lot9 Bintaro yang digunakan adalah menghadirkan/menampilkan produk makanan dan minuman khasIndonesia dengan nama yang unik, dan tempat dalam bentuk gambar/foto kedalam media promosi dengan tampilan desain yang sederhana. Target audience perancangan media promosi ini adalah anak-anak, kalangan remaja hingga dewasa dan orang tua di Jakarta dan sekitarnya.
T he role of cafes and restaurants promotion Lot9 Bintaro through visual communication design media is intended as a media promotion cafe and restaurant Lot9 Bintaro which is located on Jl. Bintaro Sector Bintar No.78, Bintaro Sector 9, Pondok Aren, Tangerang which has not been widely known by the general public, so with the design of this promotional media can introduce about Indonesian food products to the general public. The design process through the stages of data collection, both verbal and visual data with observation techniques, interviews and documentation, data were analyzed using SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats) techniques. Data collection through observation, interview and documentation further data processed into the concept of design of mediapromosi so as to form a unity in the design and conclusion in the process of making the media campaign. The result of media promotion is media, prime media, posters and banners, while supporting media, such as x-banner, flayer, billboard, menu book, magazine advertisement, and merchandise such as sticker, mug, key chains and pins. The concept of media promotion of Lot9 Bintaro cafes and restaurants is to present Indonesian food and beverage products with unique names, and place them in pictures / photos into promotional media with a simple design look. Target audience of media promotion design is children, teenagers to adults and parents in Jakarta and surrounding areas.