Peranan desain komunikasi visual dalam kampanye Sarapan Sehat Anak Usia Dini
S arapan pagi bagi anak usia 2-5 tahun sangatlah penting, karena waktusekolah merupakan aktivitas yang membutuhkan energi dan kalori yang cukupbesar. Sarapan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi di pagi hari, sebagaibagian dari pemenuhan gizi. Anak yang tidak sarapan akan mengalamikekurangan energi dan motivasi untuk beraktivitas selain itu kekurangan gizi dankekurangan zat gizi mikro dapat memberikan dampak terhadap keadaan fisik,mental, dan kesehatan. Permasalahannya yang ada di Indonesia saat ini masihkurangnya kesadaran mengenai pentingnya sarapan serta peranannya terhadapkebutuhan gizi dan energi harian anak. Oleh sebab itu dibutuhkannya kampanyekesehatan untuk mengedukasikan kepada masyarakat mengenai sarapan sehatdemi tumbuh kembang sang buah hati.Dalam hal ini sangat diperlukannya peran desain komunikasi visual dalammedia promosi kesehatan. Hal itu bertujuan agar masyarakat dari semua umurlebih tertarik lagi dalam memperhatikan kesehatan mereka. Semakin banyaknyamasyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan merupakan bentuk nyata bahwamedia promosi kesehatan telah mampu diterima dan dipahami oleh masyarakat
B reakfast for children aged 2-5 years is very important, because schooltime is an activity that requires considerable energy and calories. Breakfast aimsto meet nutritional needs in the morning, as part of nutrition fulfillment. Childrenwho do not have breakfast will experience a lack of energy and motivation foractivities other than malnutrition and lack of micronutrients can have an impacton physical, mental and health conditions. The problems in Indonesia today arestill lack of awareness about the importance of breakfast and its role in the dailynutritional and energy needs of children. Therefore, a health campaign is neededto educate the public about healthy breakfast in order to grow and develop thebaby.In this case it is very necessary to design the role of visual communicationin health promotion media. It aims to make people of all ages more interested inpaying attention to their health. The increasing number of people who are awareof the importance of health is a tangible form that health promotion media hasbeen able to be accepted and understood by the community..