Perancangan video musik sebagai media promosi perilisan single "Paranoai for a moment" karya 5 assy
D ewasa ini banyak ditemukan penyanyi, band, atau bahkan DJ (Disk Jockey) dalamindustri musik Indonesia. Salah satu genre yang paling digemari masyarakat adalahmusik yang diadaptasi dari negara barat yaitu, Electronic Dance Music (EDM).Musik ini memiliki karakter yang bersemangat. Musik ini memiliki banyakpenggemar yang mayoritas berasal dari golongan anak muda. Musik technodibedakan menjadi beberapa subgenre antara lain, acid techno, ambient techno, dubtechno, hardcore techno, industrial techno, dan minimal techno. Musik sebagaisumber inspirasi visual, dimungkinkan oleh adanya universalitas dan kesamaanunsur dasar musik dan nirmana. Oleh karena itu biasanya digunakan media videomusik untuk menggambarkan informasi yang ingin disampaikan pada masyarakatsupaya mudah dimengerti maksud dan makna dalam musik tersebut. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dan metodeperancangan menggunakan metodologi design thinking. Hasil perancangan berupavideo musik dan media promosi melalui media cetak maupun digital.
T oday there are many singers, bands, or even DJs (Disk Jockey) in the Indonesian music industry. One of the most popular genres of society is the first music adapted from western countries, namely, Electronic Dance Music (EDM). This music has a vibrant character. This musicas many fans who come from young people. Techno music is divided into several subgenres, including acid techno, ambient techno, techno dub, techno hardcore, industrial techno, and minimal techno. Music as a source of visual inspiration is made possible by the universality and understanding of the basic elements of music and nirmana. Therefore, music video media are usually used to describe the information to be conveyed to the public easily related to the meaning and meaning of the music. The method used in this research is a qualitative methodology and the design method uses a design thinking methodology. The design results are in the form of music videos and promotional media throughprint and digital media.