Peranan desain komunikasi visual dalam kampanye gerakan Jakarta Diet Kantong Plastik di Jakarta
G erakan Indonesia Diet Kantong Plastik adalah perkumpulan nasional yangmemiliki misi untuk mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakankantong plastik. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik terbentuk di awal tahun2013, oleh sekumpulan lembaga–lembaga yang sebenarnya sudah lama bergerak diisu kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik.Dengan tujuan yang besar, masing–masing lembaga berkomitmen untukbersama–sama membuat working group skala nasional untuk memperbesar dampaktujuan yang dicita–citakan bersama, tidak lepas dari bantuan seluruh pihak pemangkukepentingan. Working Group sendiri terdiri dari berbagai komunitas seperti,Change.org, Ciliwung Institute, Earth Hour Indonesia, Greeneration Indonesia, LeafPlus, Indorelawan, Si Dalang, The Body Shop. Awalnya gerakan ini dilakukan secarterpisah, meski selalu berkomunikasi dengan komunitas satu sama lain.