Peranan desain komunikasi visual dalam perancangan re-branding Rumah Belajar Sahabat Anak
P enulisan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pengenalan wajah baru padarumah belajar Sahabat Anak, dimana pada sebelumnya mereka kurangmelakukan promosi dan hanya mengandalkan website. Sahabat Anak merupakansebuah yayasan nirlaba yang memberikan pendidikan serta memperjuangkan hakhakanak-anak marjinal (Sahabat) dan anak jalanan di Jakarta agar mereka tidakterus hidup di jalan dan memiliki masa depan. Sahabat Anak terdiri dari paravoluntir yang peduli terhadap kesejahteraan anak jalanan dan memberi perhatianmelalui persahabatan.Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metodepengumpulan data melalui wawancara dengan pengurus, data dari website, danjuga pendekatan desain komunikasi visual yang bertujuan untuk re-branding yanglebih baik.Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalahyang ada. Penulis terdorong untuk membuat re-branding untuk pengenalan wajahbaru pada Sahabat Anak, desain yang mengikuti zaman dan juga memperkuatpromosi untuk pendaftaran voluntir. Hal tersebut menjadi salah satu landasanpenulis melakukan re-branding rumah belajar ‘Sahabat Anak’ untuk mewujudkankesetaraan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu.