Peranan desain komunikasi visual dalam buku Glacies Ice Cream on Frame
P enulisan ini dilatarbelakangi oleh kepentingan pembelajaran desainkhususnya pembuatan buku semi dokumenter es krim di Jakarta. Melaluipenulisan karya ilmiah pengantar tugas akhir ini, penulis diharapkan dapatmenyalurkan hobby dan memberikan informasi dalam buku yang berisikan fotofotoes krim di Jakarta. Masalah umum dalam pembuatan penulisan ini mengenaibagaimana buku menjadi sesuatu yang personal bagi individu, selain dapatdiakses melalui website seperti yang sedang berkembang saat ini.Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metode 5W + 1H,penelitian kualitatif, serta menggunakan pendekatan desain komunikasi visualdan food photography.Pemaparan yang tertulis di karya ilmiah pengantar tugas akhir ini untukmenyelesaikan masalah yang ada, dengan membuat buku yang mudah dibawadan simpel, sehingga dapat menarik perhatian penikmat fotografi makanaankhususnya anak muda yang saat ini sedang musim di kalangan dunia maya.Berdasarkan rasa keingintahuan yang tinggi untuk mencoba tempat baru,makanan baru, dan mendokumentasikannya ke dalam foto yang bagus untukdiunggah ke dunia maya, buku ini merupakan wujud nyata bagi mereka yangingin menikmati es krim di Jakarta. Adapun beberapa edisi lain yang nantinyaakan terus berkembang.