Perancangan Islamic Center Kota Malang dengan pendekatan placemaking
K ota Malang merupakan kota yang mayoritas kepercayaan masyarakatnya merupakan Agama Islam. Oleh karena itu, diperlukan suatu wadah untuk mendukung kegiatan tersebut dengan Islamic Center. Islamic Center merupakan pusat wadah kegiatan keagaaman yang melayani Umat Islam dimana mereka dapat melakukan kegiatan ibadah dan pendidikan serta kegiatan komunitas lainnya.Islamic Center ini menerapkan pendekatan Arsitektur Placemaking karena memiliki aspek-aspek yang mendukung perancangan kawasan pusat kegiatan yang diantaranya adalah Sociability, Uses & Activites, Access & Linkage, Comfort & Image. Islamic Center ini diharapkan dapat menjadi suatu pusat kegiatan keislaman yang mendukung kebutuhan masyarakat Kota Malang. Perenerapan placemaking pada desain terlihat di ruang terbuka kawasan yang menghubungkan bangunan-bangunan lainnya, pengutamaan pedestrian dibandingkan dengan sirkulasi kendaraan demi kenyamanan pengunjung, dan aktifitas pendukung pada ruang terbuka sebagai bentuk respon desain terhadap sosial pengunjung.
T he city of malang is a city where the majority of the citizen’s belief is Islam. Therefore, a place is needed to support these activities with an Islamic Center. The Islamic Center is a place for religious activities that serves Muslims where they can carry out worship and educational activities aswell as other community activites.This Islamic Center applies the Placemaking Architecture approach because it has aspects that support the design of the activity center area which include Sociability, Uses & Activities, Access & Linkage, Comfort & Image. The Islamic Center is expected to become a center for Islamic activities that support the needs of the people of Malang City. The application of placemaking in the design is seen in the open space of the area that connects other buildings, the priority of pedestrians compared to the circulation of vehicles for the convenience of visitors, and supporting activities in open spaces as a form of design response to the social aspect of visitors.