DETAIL KOLEKSI

Analisis proses perancangan auto multi spot welding jig sebagai akibat improvement perubahan takt time pada proses manufaktur mobil


Oleh : Yosia Inendatama

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Tono Sukarnoto

Subyek : Automobile industry - Quality control;Welding - Designs and plans

Kata Kunci : auto multi spot welding jig , takt time, over spec, finite element, strain, stress, total displaceme

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_STM_061001600513_Halaman-Judul.pdf
2. 2019_TA_STM_061001600513_Lembar-Pustaka.pdf
3. 2019_TA_STM_061001600513_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2019_TA_STM_061001600513_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2019_TA_STM_061001600513_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2019_TA_STM_061001600513_Bab-4_Analisis-dan-Saran.pdf
7. 2019_TA_STM_061001600513_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2019_TA_STM_061001600513_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2019_TA_STM_061001600513_Lampiran.pdf

P erkembangan teknologi industri di Indonesia terutama di bidang otomotif mobilmeningkat sesuai dengan kebutuhan pasar. Untuk mejawab tantangan peningkatan produktivitas pada perusahaan manufaktur dengan tanpa menghilangkan hasil kualitas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil perancangan multi spot welding jig pada proses manufaktur mobil sebagai akibati mprovement perubahan takt time yang mengalami over spec supaya mendapatkanberat yang lebih ringan namun tidak menghilangkan fungsinya. Analisis ini menggunakan metode finite element dengan software ANSYS . Analisis inidilakukan melalui diskusi dan pengalaman lapangan sehingga menghasilkan 3rekomendasi. Hasil dari rekomendasi ini dipilih rekomendasi 2 sebagai alternativeterbaik dengan strain maksimum 0,00028662, stress maksimum 47.027.106N/m2dan total displacement maksimum 0.79008 mm, yang berarti dapat diterapkan.

I ndustrial technology developments in Indonesia, especially in the automotivesector, have increased according to market needs. To answer the challenge ofincreasing productivity in manufacturing companies without losing quality results,then the purpose of this research is to analyze the result of design of auto multispot welding jig in car manufacturing process as a result of improvement of takttime change which is over spec to get lighter weight but not eliminate its function.This analysis uses finite element method with ANSYS software. This analysis wasconducted through discussions and field experiences resulting in 3recommendations. The results of this recommendation are recommended as thebest alternative with a maximum strain of 0.00028662, maximum stress of47.027.106N/m2 and maximum displacement of 0.79008 mm, which means it canbe applied.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?