Identifikasi tingkat kepuasan pengunjung atas fasilitas gelanggangolahraga di DKI Jakarta
S eiring berkembangnya era globalisasi di negara yang sedang berkembang dalam hal inikhususnya di Indonesia, untuk meningkatkan produktivis masyarakatnya pemerintahmenyediakan sarana dan prasarana mulai dari revitalisasi sampai membangun barufasilitas-fasilitas olahraga antara lain gelanggang olahraga (GOR). Bangnyaknya GOR diJakarta perlu dilakukan pemeliharaan untuk mempertahankan kondisi dari bangunan tetapterjaga kualitasnya, agar pungunjung yang ingin berolahraga aman dan nyaman sehinggatingkat kepuasan pengunjung dapat di ketahui. Pada penelitian ini penulis menggunakanprogram SPSS (Statistical package for the Social Sciences) dengan jumlah respondensebanyak 70 di 7 GOR di DKI Jakarta, Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui faktor-faktor kepuasan pengunjung atas fasilitas GOR. Berdasarkan hasilanalisis data dapat disimpulkan bahwa kepuasan yang paling berpengaruh atas fasilitasGOR memiliki pengaruh terhadap variabel tingkat kepuasan dengan peringkat 1 sampai 3 yaitu: Kepuasan terhadap system penerangan pada GOR, Kepuasan terhadap alatpendukung GOR, Sirkulasi udara di dalam GOR.
A s the era of globalization develops in developing countries, especially in Indonesia, in order to increase community productivity, the government provides facilities and infrastructure ranging from revitalization to building new sports facilities, including sports venues (GOR). The rise of the GOR in Jakarta needs to be maintained the quality of the building, so that visitors who want to exercise safely and comfortably so that the level of visitor satisfaction can be known. In this study the authors used the SPSS (Statistical package for the Social Sciences) program with 70 respondents in 7 GOR in DKI Jakarta. The purpose of this study was to determine the factors of visitor satisfaction with GOR facilities. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the satisfaction on GOR facilities has an influence on the level of satisfaction with a rating of 1 to 3, namely: Satisfaction of the lighting system in the GOR, Satisfaction of the GOR supporting equipment, air circulation in the GOR.