Pengaruh keunggulan kompetitif hijau, inovasi hijau, terhadap kinerja perusahaan dengan budaya organisasi hijau sebagai variabel moderating
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dariKeunggulan Kompetitif Hijau dan Inovasi Hijau terhadap Kinerja Perusahaan denganBudaya Organisasi Hijau sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian iniadalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang jugamenerbitkan Laporan Tahun dan Laporan Keberlanjutan tahun 2020 dan tahun 2021.Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 382 perusahaan. Metode pengumpulandata sebagian diunduh dari website IDX, sebagian lagi dari website resmi perusahaan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linearberganda.Hasil penelitian menemukan bahwa Keunggulan Kompetitif Hijau dan InovasiHijau tidak berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan ditambah dengan peran BudayaOrganisasi Hijau sebagai pemediasi. Hasil penelitian secara simultan semua variabelindependen dan variabel mediasi tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
T his study aims to examine the Effect of Green Competitive Advantage, GreenInnovation on Company Performance with Green Organizational Culture as amoderating variable. The population in this study are companies listed on theIndonesia Stock Exchange (IDX), which also publish Annual Reports andSustainability Reports for 2020 and 2021. The sample in this research is 382companies. Methods of data collection Partly downloaded from the IDX website,partly downloaded from the company's official website. The data analysis techniqueused in this study is multiple linear regression analysis. The results of the study foundthat Green Competetive Advantage, Green Innovation have a significant effect onCompany Performance coupled with the role of Green Organizational Culture as amediator. The results of the study simultaneously all the independent variables andmoderating variables have a significant effect on company performance.