Pengaruh keunggulan kompetitif hijau dan inovasi hijau terhadap relevansi nilai laba dan nilai buku dengan dimoderasi oleh kepemimpinan lingkungan
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keunggulan kompetitif hijau,inovasi hijau berpengaruh terhadap relevansi nilai, dan apakah kepemimpinanlingkungan memperkuat keunggulan kompetitif, dan inovasi hijau terhadap relevansinilai. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 75 perusahaan yang terdaftar di BursaEfek Indonesia (BEI). Data diperoleh dari data sekunder melalui laporan keuangan,laporan tahunan dan laporan berkelanjutan. Teknik analisis yang digunakan dalampenelitian ini adalah analisis linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian iniialah (1) Keunggulan Kompetitif Hijau berpengaruh negatif terhadap relevansi nilailaba, (2) Keunggulan Kompetitif Hijau berpengaruh negatif terhadap relevansi nilaibuku , (3) Inovasi Hijau berpengaruh positif terhadap relevansi nilai laba , (4) InovasiHijau berpengaruh positif terhadap relevansi nilai buku, (5) KepemimpinanLingkungan memperkuat hubungan Keunggulan Kompetitif Hijau terhadap relevansinilai laba, (6) Kepemimpinan Lingkungan Memperkuat hubungan keunggulankompetitif hijau terhadap relevansi nilai buku , (7) Kepemimpinan Lingkunganmemperlemah hubungan antara Inovasi Hijau terhadap relevansi nilai laba, (8)kepemimpinan lingkungan memperlemah hubungan inovasi hijau terhadap relevansinilai buku.
T his study aims to determine whether green competitive advantage and greeninnovation have an effect on value relevance and whether environmental leadershipstrengthens competitive advantage and green innovation has an effect on valuerelevance. The sample for this research is 75 companies listed on the Indonesia StockExchange (IDX). Data obtained from secondary sources through financial reports,annual reports, and sustainability reports. The multiple analysis technique was usedin this study, from the research that gas been done individually. The results obtainedfrom this study are (1) Green Competitive Advantage harms the relevance of profitvalue, (2) Green Competitive Advantage harms book value relevance, (3) GreenInnovation has a positive effect on profit value relevance, (4) Green Innovationpositive effect on book value relevance, (5) Environmental Leadership strengthens therelationship between Green Competitive Advantage and profit value relevance, (6)Environmental Leadership Strengthens the relationship between green competitiveadvantage and book value relevance, (7) Environmental Leadership weakens therelationship between Green Innovation and value relevance profit, (8) environmentalleadership weakens the relationship of green innovation to book value relevance.