Pengaruh budaya organisasi hijau, manajemen rantai pasokan hijau, dan pemasaran hijau terhadap kinerja perusahaan dimoderasi dengan kepemimpinan lingkungan
P enelitian ini merujuk kepada permasalahan terkait Kinerja Perusahaan yang dipengaruhi berbagai faktor. Sehingga peneliti ingin meneliti kembali terkait permasalahan mengenaiKinerja Perusahaan. Masih banyak variabel yang mempengaruhi Kinerja Perusahaan ini.Dan terkait hal tersebut menarik peneliti untuk meneliti kembali guna mengetahui apakahterdapat hubungan antara variabel Budaya Organisasi Hijau, Manajemen Rantai PasokanHijau, dan Pemasaran Hijau terhadap Kinerja Perusahaan ditambah dengan Kepemimpinan Lingkungan sebagai variabel moderasi serta Ukuran Perusahaan dan Leverage sebagaivariabel kontrolnya. Adapun metode analisis yang digunakan peneliti adalah metode Ordinary Least Square dengan teknik Purposive Sampling dan data yang digunakan yaitu data Laporan Tahunan (Annual Report) dan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report)perusahaan non financial yang terdaftar di BEI Tahun 2021. Dari hasil penelitian yang telahdilakukan menunjukkan bahwa variabel Budaya Organisasi Hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sementara variabel Manajemen Rantai PasokanHijau dan Pemasaran Hijau tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. VariabelKepemimpinan Lingkungan tidak memiliki pengaruh yang besar tetapi signifikan antaraBudaya Organisasi Hijau terhadap Kinerja Perusahaan. Serta, Kepemimpinan Lingkungan tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Hijau dan Pemasaran Hijau terhadap Kinerja Perusahaan.
T his study refers to problems related to firm performance which are influenced by various factors. So researchers want to review related issues regarding firm performance. There are still many variables that affect the performance of this company. And related to this, it attracted researchers to re-examine to find out whether there is a relationship between the variables Green Organizational Culture,Green Supply Chain Management, and Green Marketing on Firm Performance with Environmental Leadership as a moderating variable and Firm Size and Leverage ascontrol variables. The analytical method used by researchers is the Ordinary Least Square method with the Purposive Sampling technique and the data used are AnnualReport and Sustainability Report for non-financial companies listed on the IndonesiaStock Exchange in 2021. From the research results, it has been shown that the GreenOrganizational Culture variable has a positive and significant effect on firmperformance, while the Green Supply Chain Management and Green Marketing variables have no effect on firm performance. The Environmental Leadership variable does not have a large but significant influence between Green Organizational Culture on firm performance. Also, Environmental Leadership doesnot strengthen or weaken the influence of Green Supply Chain Management and Green Marketing on firm performance.