Faktor yang mempengaruhi manajemen laba (studi pada perusahaan sektor barang konsumen primer dan nonprimer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020)
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapatmempengaruhi manajemen laba. Sampel dari penelitian ini terdiri atas 396 datasampel yang merupakan data dari 155 perusahaan sektor barang konsumen primerdan non-primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang memenuhi kriteriapengujian dalam masa observasi tiga periode (2018-2019) dan telah dikurangi 69data outlier.Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Manajemen labadihitung menggunakan discretionary accrual, dengan faktor-faktor yangmempengaruhi manajemen laba digunakan kekuatan pasar, kompetisi pasar, kinerjaperusahaan yang diukur dengan likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas, ukuranperusahaan, usia perusahaan, dan tata kelola perusahaan yang diukur dengankepemilikan saham domestik dan asing.Hasil penelitian menunjukan solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh positif,kekuatan pasar, ukuran perusahaan, dan usia perusahaan berpengaruh negatif, sertakompetisi pasar, likuiditas, dan kepemilikan saham domestik dan asing tidakberpengaruh terhadap manajemen laba.
T his study aims to determine the factors that can affect earnings management.The sample of this study consists of 396 data samples which are data from 155Consumer Non-Cyclicals and Cyclicals sector companies listed on the IndonesiaStock Exchange (IDX) that meet the test criteria in three observation period (2018-2019) and have been deducted 69 outlier datas.This study uses multiple regression analysis method. Earnings management iscalculated using discretionary accruals, with factors affecting earnings managementused market power, market competition, firm performance as measured by liquidity,solvency, and profitability, firm size, firm age, and corporate governance asmeasured by domestic and foreign stock ownership.The results show that solvency and profitability do a positive effect, marketpower, firm size, and firm age do a negative effect, and market competition, liquidity,and domestic and foreign share ownership do not effect on earnings management.