Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI
P enyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik perusahaan, besaran perusahaan, tipe industri, rasio kepemilikan publik, profitabilitas dan umur perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian sebelumnya yaitu regresi berganda serta uji normalitas dengan menggunakan p-plot. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bantuan software SPSS 11.5. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa variabel besaran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan tipe indutri, rasio kepemilikan publik, profitabilitas dan umur perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
P reparation of this paper aims to determine whether the characteristics of the firm, company size, industry type, the ratio of public ownership, profitability and firm age affect the disclosure of corporate social responsibility to the manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The method of analysis used in this study refers to previous studies of multiple regression and test for normality by using the p-plot. In this study the authors used statistical software SPSS 11.5. The results of hypothesis testing showed that company size variables have a significant influence on the disclosure of corporate social responsibility, while the industry was the type, the ratio of public ownership, profitability and firm age has no significant effect on the disclosure of corporate social responsibility.