DETAIL KOLEKSI

Peranan desain komunikasi visual dalam perancangan kampanye sosial Jakarta Peduli Petani Kopi Lokal

1.7


Oleh : Muhammad Rifqi Fakhriansyah

Info Katalog

Nomor Panggil : 0026/DKV/2018

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Elda Franzia

Pembimbing 2 : Menul Teguh Riyanti

Subyek : Campaigne - Social;Local coffee farmers

Kata Kunci : local coffee farmers, special coffee local, social media

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_-Halaman-Judul.pdf 17
2. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_Bab-1.pdf
3. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_Bab-2.pdf
4. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_Bab-3.pdf
5. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_Bab-4.pdf
6. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_Bab-5.pdf
7. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_Bab-6.pdf
8. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_-Daftar-Pustaka.pdf
9. 2018_TA_SDK_NIM-091301300027_-Lampiran..pdf

P enulisan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepedulian masyarakat di Indonesia khususnya di Jakarta terhadap Petani Kopi Lokal dan Kopi Spesialti Lokal yang tidak memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh Sumber Daya Alam ini. Perancangan kampanye sosial ini didasarkan atas pentingnya melestarikan Kopi yang sebenarnya memilki potensi yang sangat besar untuk kemajuan peran petani kopi dalam menghasilkan biji kopi yang berkualitas serta menaikan tingkat produktivitas kopi di Indonesia. Adanya peranan Desain Komunikasi Visual melalui Kampanye Sosial dengan cara mengkonsumsi produk kopi lokal indonesia, memiliki potensi besar untuk mengajak masyarakat Jakarta memanfaatkan serta mendukung para petani kopi lokal Indonesia untuk menaikan taraf pendapatan hidup mereka. Bentuk dukungan terhadap Petani Kopi Lokal dapat dilakukan melalui Kampanye Sosial Jakarta Peduli Petani Kopi Lokal, yang mencakup tujuan target audiens yaitu para penikmat kopi di Jakarta maupun coffeeshop yang meyajikan kopi lokal untuk dinikmakti dan belum mempunyai strategi promosi, berikut juga dengan media promosi yang tepat, peneliti berharap agar dapat mengajak masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk peduli dengan mengkonsumsi produk kopi lokal Indonesia dan mempublikasikan ke media sosial untuk membuat awareness serta kampanye dalam bentuk bantuan donasi online yang berguna membantu kesejahteraan kehidupan para petani kopi.Melalui penulisan ini, solusi sebagai pemecahan masalah yang dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui berbagai narasumber, wawancara dengan petani kopi lokal, pihak yang mengelola langsung terhadap kopi spesialti maupun pihak dari beberapa coffeeshop di Jakarta . Sebagai penyelesaian masalah pada penulisan ini, media yang digunakan dalam kampanye sosial dengan membuat media sosial dengan isi konten berupa bantuan sosial terhadap petani sebagai bentuk promosi digital, media promosi seperti poster, videografi dokumenter, perencanaan pembuatan charity melalui workshop dan trip edukasi sebagai bentuk aksi sosial serta merchandise yang dapat menunjang perancangan yang telah dilakukan.

T his writing is motivated by the awareness of the people in Indonesia,especially in Jakarta, about Local Coffee Farmers and Local Specialty Coffeewhich do not maximize the potential of Natural Resource. The design of socialcampaign is based on the importance of preserving coffee which actually hasenormous potential for advancing the role of coffee farmers in producing qualitycoffee beans and increasing the level of coffee productivity in Indonesia. The roleof Visual Communication Design through the Social Campaign by consumingIndonesian local coffee products, has great potential to invite the people ofJakarta to utilize and support Indonesian local coffee farmers to increase theirincome levels. The form of support for Local Coffee Farmers can be done throughthe Jakarta Social Campaign Concerning Local Coffee Farmers, which includesthe target audience's goals: coffee consumer in Jakarta and Coffee shop whoserve local coffee for fun and do not have a promotional strategy, along with theright promotional media. The researchers hope to be able to invite the people ofJakarta and surrounding areas to care about consuming Indonesian local coffeeproducts and publishing them to social media to make awareness and campaignsin the form of online donations that are useful to help the welfare of coffeefarmers.During this problem, the solution to solve this problem is carried out bydata collection methods through various sources, interviews with local coffeefarmers, those who manage directly on specialty coffee and parties from severalcoffee shops in Jakarta. As a solution to the problem at this writing, the mediaused in social campaigns by creating social media with content in the form ofsocial assistance to farmers as a form of digital promotion, promotional mediasuch as posters, documentary videography, charity-making planning throughworkshops and educational trips as a form of social action and merchandise thatcan support the design that has been done.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?