Pengaruh Penggunaan media sosial, E-WOM dan kepercayaan pada keterlibatan keputusan pembelian
P enelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan media sosial, EWOMdan kepercayaan terhadap keterlibatan keputusan pembelian. Rumusan masalah diteliti adalah Apakah terdapat pengaruh positif penggunaan media sosialdan E-WOM terhadap kepercayaan, dan Apakah terdapat pengaruh positifpenggunaan media sosial, E-WOM, dan kepercayaan terhadap keterlibatan keputusanpembelian.Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalahdengan menggunakan metode non probability sampling, yaitu dengan teknikpurposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengikuti media sosial dari Nike. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 206 responden.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanStructural Equation Model (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil analisismenunjukan bahwa penggunaan media sosial tidak berpengaruh positif yangsignifikan terhadap keterlibatan keputusan pembelian. Variabel lain berpengaruhpositif terhadap kepercayaan maupun keterlibatan keputusan pembelian.
T his research aims to analyze the significant impact of Social Media Usage,Electronic Word of Mouth and Trust to Purchase Decision Involvement. The problem formulation examined is the influence of social media usage and electronic word of mouth to purchase decision involvement.Sampling method used in this research is by using non probability samplingmethod, that is by purposive sampling technique. The samples used in this study are consumers who follow social media of Nike. The number of samples taken as many as 206 respondents.The analysis tool used in this research is using Structural Equation Model (SEM) with the help of AMOS software. The results of the analysis show that socialmedia usage have negative effect on purchase decision involvement. Other variables have positive effect on trust and purchase decision involvement.