DETAIL KOLEKSI

Analisis mekanisme pemosisian sepeda motor pada tempat parkir bertingkat


Oleh : Martin Tanzil

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Triyono

Subyek : Motorcycle parking;Mechanical engineering

Kata Kunci : mechanism, positioning, parking lot, two wheeled vehicles, recirculating ball screw, pneumatic

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_STM_061001904024_Halaman-Judul.pdf
2. 2021_TA_STM_061001904024_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2021_TA_STM_061001904024_Bab-1_Pendahuluan.pdf -1
4. 2021_TA_STM_061001904024_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2021_TA_STM_061001904024_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_STM_061001904024_Bab-4_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf
7. 2021_TA_STM_061001904024_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2021_TA_STM_061001904024_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2021_TA_STM_061001904024_Lampiran.pdf

S aat ini pemilik kendaraan roda dua di Indonesia khususnya Jakarta, terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya kebutuhan akan tempat parkir di Jakarta. Sebuah contoh dapat diambil di Kampus A Universitas Trisakti Jakarta. Daya tampung tempat parkir Universitas Trisakti tidak sebanding dengan jumlah kendaran yang ada. Tujuan penelitian ini menganalisis mekanisme pemosisian sepeda motor pada tempat parkir bertingkat. Tempat parkir memiliki kapasitas sebanyak 12 (dua belas) sepeda motor. Untuk efisiensi ruang tempat parkir ini direncanakan 2 (dua) tingkat dengan mekanisme pemosisian sepeda motor. Untuk mendukung kelancaran proses parkir, mekanisme pemosisian ini harus mampu menempatkan maupun pengambilan sepeda motor paling lama lima menit per kendaraan. Dari hasil analisis diperlukan daya motor minimal sebesar 4,6 kW dengan mekanisme pemosisian ke arah sumbu Z menggunakan poros ulir bola BNF 4010-5, pneumatik ke arah sumbu Y dengan tekanan 4 bar serta roda troli dengan daya motor minimal sebesar 2,2 kW untuk pemosisian dalam arah sumbu X yang daya-nya ditransmisikan menggunakan mekanisme chain and sprocket tipe DID 80 dengan jumlah gigi 24. Dengan adanya rancangan ini diharapkan diperoleh peningkatan daya tampung tempat parkir sebesar ±40% dari tempat parkir normal, serta kondisi kampus yang lebih tertib.

N owadays the number of owners of two-wheeled vehicles in Indonesia, especially Jakarta, continues to increase every year. This causes the increasing need for parking spaces in Jakarta. An example could be taken at Campus A, Trisakti University, Jakarta. The capacity of Trisakti University parking lot is doesn’t proportional to the number of existing vehicles. The purpose of this study is to analyze the positioning mechanism of a motorcycle in a multi-storey parking lot. The parking lot has a capacity of 12 (twelve) motorcycles The parking lot is planned for 2 (two) levels. To support the smooth of parking process, this positioning mechanism must be able to place and took motorcycles for a maximum of five minutes per vehicle. From the results of the analysis, a minimum motor power of 4.6 kW is required with a positioning mechanism using ballscrew BNF 4010-5, pneumatic with a pressure of 4 bar and a trolley wheel with a minimum motor power of 2.2 kW whose power is transmitted using a chain and sprocket mechanism using sprocket type DID 80 with 24 teeth. With this design, it is hoped that the parking space capacity will increase by ±40% from the normal parking lot, as well as a more orderly campus condition.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?