Pengaruh pengungkapan csr terhadap nilai perusahaan: profitabilitas sebagai variabel intervening
P enelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 dengan menggunakan metode purposive sampling. Sumber data merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan untuk periode 2012-2016 di Bursa Efek Indonesia dan situs resmi masing-masing perusahaan. Analisis data penelitian ini menggunakan path analysis dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dan NPM tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ROA berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap ROA, pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap NPM, CSR secara tidak langsung tidak mempengaruhi nilai perusahaan melalui mediasi ROA dan NPM.
T his study aims to examine the influence of corporate social responsibility disclosure to firm’s value with profitability as the intervening variable. The sample in this study is company incorporated in LQ 45 which listed in Indonesia Stock Exchange for the period 2012 to 2016 using purposive sampling method. Source data is secondary data, obtained from the annual report and sustainability report for the period 2012-2016 in Indonesia Stock Exchange and the official website of each company. The method analysis of this study uses path analysis with SPSS. The result show CSR disclosure has no effect on firm’s value, ROA has positive effect on firm’s value, CSR disclosure has no effect on ROA, CSR disclosure has positive effect on NPM, and CSR disclosure indirectly has no effect on firm’s value through ROA and NPM