Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan non financial yang terdaftar di BEI
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen perusahaan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan non finansial yang tercatat di BEl dengan periode 2006-2009, dengan jumlah 26 perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, arus kas, pertumbuhan penjualan, pajak, debt equity ratio, dan market to book ratio. Sedangkan variabel dependennya adalah rasio pembayaran dividen. Model analisis yang digunakan adalah ordinary least square regression. Berdasarkan hasil regresi, variabel profitabilitas ditemukan mempunyai pengaruh terhadap rasio pembayaran dividen, dan pertumbuhan penjualan hanya mempunyai pengaruh dengan rasio pembayaran dividen yang diukur melalui adjusted dividend payout ratio. Variabel arus kas, pajak, debt equity ratio, dan market to book ratio ditemukan tidak memiliki pengaruh terhadap terhadap pembayaran dividen. Hasil penelitian menunjukkan manajemen perlu memperhatikan faktor profitabilitas dan pertumbuhan penjualan untuk melakukan keputusan pembayaran dividen.
T his paper aims to investigate the determinant factor of dividend policy. Sample that use in this paper are non-finance company which listed in BEl on 2006- 2009 period. This paper use profitability, cash flow, sales growth, tax, debt equity ratio, dan market to book ratio as independent variable. The variables dependent of this study is dividend payout ratio, and it is measured by standard dividend payout ratio and adjusted dividend payout ratio. The purposive sampling was used to determine which acceptable company to support this paper. Method that used is ordinary least square regression. According to value of significance of the regression, profitability is the factor that affect dividend payout ratio on all measurement, then sales growth is the factor that affect dividend payout ratio only measured by adjusted dividend. The other variables are found that they are not the determinant factors of dividend payment. This result indicate that management should pay attention to profitability and sales growth when makes dividend policy.