Pengaruh corporate sosial responsibility terhadap kinerja keuangan dengan nilai perusahaan sebagai variabel pemoderasi pada perusahan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015
P enelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan dengan nilai perusahaan sebagai varibel pemoderasi, penelitian pada BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk tahun 2011 - 2015. Mengingat pentingnya kinerja keuangan, Hal ini diketahui bahwa pemerintah melalui kementerian BUMN menyadari pentingnya pengelolaan CSR untuk meningkatkan kinerja keuangan pada perusahaan BUMN yang terdaftar. Desain yang digunakan adalah desain kausalitas yaitu desain penelitian yang disusun untuk meneliti kemungkinan adanya hubungan sebab-akibat antar variabel. Sedangkan metode yang digunakan adalah survei. Metode survei merupakan cara pengumpulan data di mana peneliti atau pengumpul data mengajukan pertanyaan atau pernyataan kepada responden baik dalam bentuk lisan maupun secara tulisan. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Penelitian ini dilakukan pada 19 perusahaan BUMN yang terdaftar pada tahun 2011 - 2015. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh positif terhadap ROA dan ROE (2) nilai perusahaan sebagai variabel pemoderasi itu dapat memperkuat hubungan CSR terhadap kinerja keuangan.
T his study aims to examine how large the influence of corporate social responsibility on the financial performance of the value of the company as a moderating variable, the study on SOEs listed in Indonesia Stock Exchange for the years 2011 - 2015. Given the importance of financial performance, It is known that the government through the ministry of state enterprises realized the importance of CSR management to improve the financial performance of state-owned enterprises listed. The design used is the design of causality ie research design prepared to examine the possibility of causal relationships between variables. While the methods used are surveys. Survey method is a data collection method in which the researcher or data collector ask a question or a statement to the respondent either verbally or in writing. The analysis used is path analysis. This study was conducted in 19 state-owned company registered in 2011 - 2015. The results show that: (1) Corporate Social Responsibility has a positive influence on ROA and ROE (2) the value of the company as the moderating variable that can strengthen the relationship of CSR on financial performance.