DETAIL KOLEKSI

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas proses rekonsiliasi dan verifikasi simpanan nasabah bank yang dicabut izin usahanya


Oleh : Muhammad Rizki Dwiputra

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Hotman Tohir Pohan

Subyek : Auditing - Bank And Banking

Kata Kunci : audit, reconciliation, verification, key success factors, CPC, PLPS, KKE, SOP

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_AK_023070387_7.pdf
2. 2012_TA_AK_023070387_6.pdf
3. 2012_TA_AK_023070387_5.pdf
4. 2012_TA_AK_023070387_4.pdf
5. 2012_TA_AK_023070387_3.pdf
6. 2012_TA_AK_023070387_2.pdf
7. 2012_TA_AK_023070387_1.pdf

P enelitian ini disusun dengan tujuan untuk: 1). Mengobservasi bagaimana prosedur rekonsiliasi dan verifikasi yang dilakukan oleh LPS atas simpanan nasabah bank yang dicabut izin usahanya. 2). Menganalisisapakah proses rekonsiliasi dan verifikasi yang dilakukan oleh LPS atas simpanan nasabah bank yang dicabut izin usahanya sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. 3). Mengeksplorasi apa sajakah key success factors dalam proses rekonsiliasi dan verifikasi yang dilakukan oleh LPS atas simpanan nasabah bank yang dicabut izin usahanya. 4). Menganalisis bagaimana cara-cara meningkatkan efektifitas proses rekonsiliasi dan verifikasi simpanan nasabah bank yang dicabut izin usahanya. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 20 karyawan LPS yang pernah melakukan dan terjun langsung dalam proses rekonsilisai dan verifikasi, serta melakukan wawancara kepada Kepala Divisi Penanganan Klaim LPS Bapak Suharno Eliandy dan kepada Senior Officer Divisi Penanganan Klaim LPS yaitu Bapak Aris Suseno dan Bapak Agung Kusumadi. Dalam penelitian skripsi ini digunakan juga Undang-undang No.24 Tentang Lembaga Penjamin Simpanan Tahun 2004, Peraturan Lembaga Penjamin Simpanan (PLPS), Keputusan Kepala Eksekutif (KKE), Sistem Operasional dan Prosedur (SOP) Divisi Penanganan Klaim LPS dan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebagai dasar kajian dan analisa penulisan skripsi. Berdasarkan hasil pelaksanaan riset dapat disimpulkan bahwa masih diperlukan adanya perbaikan pada Sistem Operasi dan Prosedur (SOP) Divisi Penanganan Klaim LPS khususnya terkait dengan pembagian dan pemisahan tugas yang jelas antara petugas yang melaksanakan rekonsiliasi dan yang melaksanakan verifikasi sebagi check and balance dalam proses rekonsiliasi dan verifikasi itu itu sendiri.

T his study are intended to: 1). Observe how the reconciliation and verification procedure conducted by LPS on customer deposits that banks license has been revoked. 2). Menganalisisapakah reconciliation and verification process conducted by LPS on customer deposits that banks already running license has been revoked in accordance with existing procedures. 3). Explore what are the key success factors in the process of reconciliation and verification conducted by LPS on customer deposits a bank license has been revoked. 4). Analyze how the ways of improving the effectiveness of the process of reconciliation and verification of customer deposits a bank license has been revoked. Data obtained by distributing questionnaires to 20 employees IDIC (LPS) that have experience to perform, and work directly in reconciliation and verification process, as well as conduct interviews with the Head of the Division of Claims Handling IDIC (LPS) Mr. Suharno Eliandy and to the Senior Officer of Claims Handling Division IDIC (LPS) Mr. Aris Suseno, and Mr Agung Kusumadi. In this research the IDIC Law No.24 Year 2004 regarding Indonesia Deposit Insurance Corporation, the IDIC Regulation (PLPS), the Chief Executive Officer Decition (KKE) and the Examination Result of The Government Auditor Agency of Republict of Indonesia (BPK RI) be used as the part in analyzing the thesis. Based on the results of the implementation of the research it can be concluded that there is a need of improvement in the System Operation and Prosedure (SOP) of the Claim Handling Division of IDIC (LPS) aspecialy interm of segregation of duties between the person who perform the reconciliation and the person who perform verification in order to make sure there is check and balance in conducting the process of reconciliation and verification itself.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?