Formulasi strategi pemasaran layanan data operator telekomunikasi untuk peningkatan pangsa pasar
F Formulasi strategi pemasaran layanan data merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan dan menjaga keberlangsungan bisnis seluler. Layanan data merupakan produk telekomunikasi yang telah menjadi kebutuhan pokok bagi segala aktivitas. Semakin kompleknya variabel dalam sektor telekomunikasi menjadi masalah bagi operator telekomunikasi menentukan variabel berpengaruh yang akan menjadi prioritas dalam strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan memformulasikan strategi pemasaran layanan data operator telekomunikasi dengan mengintegrasikan analisis Strength Weakness Opportunity and Threat (SWOT), matriks Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) dan metode Interpretive Structural Modelling (ISM). Variabel ISM akan dibangun berdasarkan input SWOT dan matriks SPACE. Analisis SWOT memiliki keterbatasan, maka dibutuhkan integrasi matriks SPACE untuk mendukungnya. Integrasi metode tersebut menghasilkan dua variabel sebagai faktor independent yaitu jaringan dan financial position. Berdasarkan penelitian, formulasi strategi yang diusulkan yang bisa diterapkan perusahaan adalah variabel jaringan dengan perluasan jaringan di coverage baru, memperkuat sinyal di daerah yang masih lemah kekuatan sinyalnya dan meningkatkan kapasitas jaringan di congestion area melalui fiberisasi. Formulasi strategi berikutnya financial position dengan melihat kembali pemetaan alokasi keuangan belanja modal fokus pada bidang infrastruktur jaringan dan publikasi terhadap perkembangan jaringan secara umum di media (undifferentiated marketing).
T The formulation of a marketing strategy for data services is an important factor that influences revenue growth and maintains the sustainability of the cellular business. Data service is a telecommunications product that has become a basic need for all activities. The complexity of the variables in the telecommunications sector becomes a problem for telecommunications operators to determine the influential variables that will become a priority in their marketing strategy. This study aims to formulate a telecommunication operator’s data service marketing strategy by integrating the use of Strength Weakness Opportunity and Threat (SWOT) analysis, Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) matrix, and Interpretive Structural Modelling (ISM). The ISM variables will be built based on input of the SWOT and SPACE matrix. SWOT analysis has limitations, so the integration of the SPACE matrix is needed to support it. The integration of these methods produces two variables as independent factors, namely network, and financial position. Based on the research, the company’s proposed strategy formulation is a network variable with network expansion in new coverage, strengthening signals in areas where signal strength is still weak, and increasing network capacity in congestion areas through fiberization. Another strategy formulation is financial position by looking back at financial allocations, especially focusing capital expenditures for network infrastructure and publications on network development by undifferentiated marketing.