Model evaluasi pembelajaran technopreneurship (studi kasus : program studi teknik industri)
M Mengacu pada visi Jurusan Teknik Industri Trisakti, adalah menjadi program studi Teknik Industri terkemuka dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan Teknik Industri yang berwawasan technopreneurship. Perlu dilakukan usaha besar untuk mengubah mindset mahasiswa agar potensi diri mengarah ke arah kewirausahaan.Usaha-usaha yang dilakukan oleh jurusan Teknik Industri untuk mencapai visi, salah satunya adalah dengan adanya praktikum Perancangan Industri Manufaktur (PIM), MAIRA Technopreneursip Bisnis Inkubator (MTBI) yang dibuat untuk menampung jproduk karya mahasiswa dan mendampingi mahasiswa dalam menjalankan usahanya, serta membantu memasarkan dan mengelola bisnis mereka dengan sebuah inkubator bisnis.Penelitian ini mencoba untuk melakukan evaluasi pembelajaran technopreneurship dengan menggunakan kuisioner kualtas kewirausahaan pribadi dan dengan Uji T. Hasil dari pengukuran kualitas pribadi (KKP), pemetaan kecenderungan karakter mahasiswa dan uji T. Di lakukan perumusan strategi untuk mengubah karakteristik yang tidal( berubah signifikan menjadi meningkat. Metode yang di gunakan pada penelitian ini model strategi SWOT.
I In relation to Trisakti University Vision, which is becoming the best Industrial Engineering program and becoming the center of development for Industrial Engineering education with technopreneurship knowledge. Big effort needs to be done to change the student's mindset to be entreprenurial mindset. Efforts to be done by Industrial Engineering Department to achieve the vision is with the Industrial Manufacture Design Practicum, MAIRA Technopreneurship Business Incubator (MTBI) that is created to collect products by students and to help students doing their business, and also help them market and operate their business with a business incubator. The research is trying to meassure the entrepreneurial quality of each individual and map the student's entrepreneurial characteristic using the Individual Entreprenurship Quality Quesionnaire. Mapping needed to see each new students and final year students condition. After that, what is being done is doing differentiation test to see the effect of the learning activities being done if it is affecting the entrepreneurial characteristic within students. After the characteristics being identified, which is significant and non significant, the development of strategies will be done after that to change the non significant characteristics to be improved. The Methodology being used in the research is SWOT strategic Model.