Formulasi strategi peningkatan daya saing Studi Teknik Kimia Universitas PGRI Palembang
D Di tengah persaingan dalam industri pendidikan tinggi yang begitu kompetitif, setiap perguruan tinggi dipaksa berhadapan dengan perguruan tinggi lainnya agar terus dapat bertahan. Perguruan tinggi yang berkualitas dan memiliki daya saing tidak terlepas dari program studi yang berkualitas pula. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan bagaimana memformulasikan strategi untuk Program Studi Teknik Kimia Universitas PGRI Palembang agar dapat meningkatkan daya saingnya sehingga apa yang menjadi visi program studi dapat terwujud, misi dapat terlaksana dan tujuan dapat dicapai.Penelitian ini dilakukan berdasarkan lima kekuatan Porter dan 'criteria minimal Standar Nasional Pendidikan yang terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, penilaian pendidikan dan pembiayaan dimana Program Studi Teknik Kimia di Universitas PGRI Palembang sebagai studi kasus, serta Universitas Taman Siswa dan Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai studi pembanding. Jumlah responden sebanyak 44 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, alumni, dan pengguna lulusan. Analisa dilakukan dengan menggunakan IFE matrix, EFE matrix, CPM, dan SWOT analysis sedangkan pengambilan keputusan dalam memilih altematif strategi yang sesuai dan dapat diterapkan oleh Program Studi Teknik Kimia Universitas PGRI Palembang digunakan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 8 altematif strategi yang direkomendasikan terpilih 3 strategi terbaik yang akan diusulkan kepada Program Studi Teknik Kimia Universitas PGRI Palembang, yaitu: 1) Meningkatkan promosi dengan menonjolkan kekuatan program studi dalam frekuensi yang lebih banyak di setiap kesempatan. 2) Mengembangkan laboratorium dengan menambah jumlah dan ragam perlengkapannya. 3) Meningkatkan kemampuan dosen melalui pendidikan lanjut, training, seminar, dan workshop.
I In the midst of competition in the higher education industry that is so competitive, every university is forced to face other universities in order to survive. A quality and competitive university cannot be separated from a quality study program. Therefore, this study aims to formulate a strategy for the Chemical Engineering Study Program at Universitas PGRI Palembang in order to increase its competitiveness so that the vision of the study program can be realized, the mission can be implemented and the goals can be achieved. This study was conducted based on Porter's five forces and the 'minimum criteria of the National Education Standards consisting of content standards, processes, graduate competencies, educators and education personnel, facilities and infrastructure, management, education assessment and financing where the Chemical Engineering Study Program at Universitas PGRI Palembang as a case study, and Taman Siswa University and Muhammadiyah University of Palembang as comparative studies. The number of respondents was 44 people consisting of students, lecturers, alumni, and graduate users. The analysis was conducted using IFE matrix, EFE matrix, CPM, and SWOT analysis while decision making in choosing appropriate alternative strategies that can be implemented by the Chemical Engineering Study Program of Universitas PGRI Palembang used QSPM. The results of the study showed that from 8 recommended alternative strategies, 3 best strategies were selected to be proposed to the Chemical Engineering Study Program of Universitas PGRI Palembang, namely: 1) Increasing promotion by highlighting the strengths of the study program in greater frequency at every opportunity. 2) Developing laboratories by increasing the number and variety of equipment. 3) Improving lecturers' abilities through further education, training, seminars, and workshops.