Model evaluasi pembelajaran technopreneurship (studi kasus : Program Studi Teknik Industri)
M Mengacu pada visi Jurusan Teknik Industri Trisakti, adalah menjadi program studi Teknik Industri terkemuka dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan Teknik Industri yang berwawasan technopreneurship. Perlu dilakukan usaha besar untuk mengubah mindset mahasiswa agar potensi diri mengarah ke arah kewirausahaan.Usaha-usaha yang dilakukan oleh jurusan Teknik Industri untuk mencapai visi, salah satunya adalah dengan adanya praktikum Perancangan Industri Manufaktur (PIM), MAIRA Technopreneursip Bisnis Inkubator (MTBI) yang dibuat untuk menampung produk karya mahasiswa dan mendampingi mahasiswa dalam menjalankan usahanya, serta membantu memasarkan dan mengelola bisnis mereka dengan sebuah inkubator bisnis.Penelitian ini mencoba untuk melakukan evaluasi pembelajaran technopreneurship dengan menggunakan kuioner kualtas kewirausahaan pribadi dan dengan Uji T. Hasil dari pengukuran kualitas pribadi (KKP), pemetaan kecenderungan karakter mahasiswa dan uji T. Di lakukan perumusan strategi untuk mengubah karakteristik yang tidak berubah signifikan menjadi meningkat. Metode yang di gunakan pada penelitian ini model strategi SWOT.
R Referring to the vision of the Trisakti Industrial Engineering Department, is to become a leading Industrial Engineering study program and become a center for the development of Industrial Engineering science with a technopreneurship perspective. Great efforts need to be made to change the mindset of students so that their potential leads to entrepreneurship.Efforts made by the Department of Industrial Engineering to achieve the vision, one of which is the existence of a Manufacturing Industrial Design (PIM) practicum, MAIRA Technopreneursip Business Incubator (MTBI) which is made to accommodate student work products and assist students in running their businesses, as well as helping market and manage their business with a business incubator.This study tries to evaluate technopreneurship learning using a personal entrepreneurship quality questionnaire and the T-test. The results of the personal quality measurement (KKP), mapping of student character tendencies and the T-test are formulated to change the characteristics that do not change significantly to increase. The method used in this study is the SWOT strategy model.