Konsekuensi selfi tourism pada destinasi sustainable tourism di indonesia.
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh selfie tourism, memorable tourism experience, hedonic well being, place attachment terhadap revisit intention pada destinasi sustainable tourism. Desain penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data yang diolah berasal dari 230 responden kemudian data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif selfie tourism terhadap hedonic well being, begitu pula terdapat pengaruh positif hedonic wellbeing terhadap place attachment, dan juga terdapat pengaruh positif place attachment terhadap revisit intention. Tidak terdapat pengaruh selfie tourism terhadap memorable tourism experience dan juga tidak terdapat pengaruh memorable tourism experience terhadap place attachemnt. Untuk meningkatkan selfie tourism, Pengelola destinasi wisata sustainable tourism perlu untuk memberikan pelatihan fotografi sehingga pemandu wisata akan terlatih dalam mengambil gambar dan mencari angle atau sudut sudut arah pengambilan foto yang terbaik. Selain itu, untuk meningkatkan revisit intention, Pengelola destinasi wisata sustainable tourism dapat membuat kontes \\\"Kenangan Terbaik\\\", di mana wisatawan diundang untuk mengirimkan foto foto lama dari kunjungan sebelumnya ke destinasi dengan tema yang berubah setiap tahun seperti \\\"Momen Kebahagiaan\\\", \\\"Keindahan Tersembunyi\\\", atau \\\"Petualangan Tak Terlupakan
T This research aims to test and analyze the influence of selfie tourism, memorable tourism experience, hedonic wellbeing, and place attachment on revisit intention at sustainable tourism destinations. The sampling design used in this research is non probability sampling with purposive sampling technique. The data processed came from 230 respondents and then the data was analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results of this study indicate that there is a positive influence of selfie tourism on hedonic wellbeing, as well as a positive influence of hedonic well being on place attachment, and also a positive influence of place attachment on revisit intention. There is no influence of selfie tourism on memorable tourism experience, and also no influence of memorable tourism experience on place attachment. To enhance selfie tourism, managers of sustainable tourism destinations need to provide photography training so that tour guides will be trained in taking pictures and finding the best angles or directions for taking photos. Moreover, to increase revisit intention, managers of sustainable tourism destinations can create a \\\"Best Memory\\\" contest, where tourists are invited to submit old photos from their previous visits to the destination with a theme that changes every year such as \\\"Happiness Moments\\\", \\\"Hidden Beauty\\\", or \\\"Unforgettable Adventure\\\".