Pengaruh memorable experience, destination image, dan satisfaction, terhadap word of mouth pada daerah wisata heritage di Yogyakarta
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh memorable tourismexperience, destination image dan tourism satisfaction pada word of mouthseseorang ketika melakukan pembelian melalui e-commerce di Indonesia dan jugamelihat apakah adanya pengaruh memorable toruism experience dan destinationimage dan pada word of mouth ketika perjalanan wisata ke Yogyarta. Metodepengambilan data menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteriasetidaknya 3 tahun terakhir mengunjungi Yogyaarta. Dengan data samplingtersebut didapatkan data responden sejumlah 366 responden. Analisa data yangdigunakan menggunakan perhitungan statistik deskriptif untuk mencari nilai ratarata dan standar deviasi dengan menggunakan AMOS versi 17 dalam pengujianhipotesis. Instrumen pengujian dilakukan uji validitas, reliabilitas dan pengujianmodel goodness of fit. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa memorable tourismexperience memiliki pengaruh positif terhadap tourism satisfaction.Sementaradestination image, memiliki pengaruh positif terhadap word of mouth. Dapatterlihat juga memorable tourism experience dan destination image tidak memilikipengaruh terhadap word of mouth. Implikasi manajerial dalam penelitian ini adalahmemberikan informasi kepada pelaku usaha hingga jajaran manajerial pada bidangpariwisata di Yogyakarta agar dapat memberikan kenangan yang mengesankan bagipara wisatawan
T This study aims to analyze the effect of memorable tourism experience, destinationimage and tourism satisfaction on a person's word of mouth when making apurchase through e-commerce in Indonesia and also see if there is an effect ofmemorable toruism experience and destination image and on word of mouth whentraveling to Yogyarta. The data collection method uses purposive sampling method, with the criteria of at least the last 3 years visiting Yogyaarta. With this samplingdata, 366 respondents were obtained. Data analysis used descriptive statisticalcalculations to find the mean value and standard deviation using AMOS version 17in hypothesis testing. The test instrument is validity, reliability and goodness of fitmodel testing. The results of this study indicate that memorable tourism experiencehas a positive influence on tourism satisfaction, while destination image has apositive influence on word of mouth. It can also be seen that memorable tourismexperience and destination image have no influence on word of mouth. Themanagerial implication of thisresearch isto provide information to business actorsto managerial ranks in the tourism sector in Yogyakarta in order to providememorable memories for tourists