Pengukuran kinerja proyek dengan Metode Performance Prism (studi kasus proyek Pondok Indah Mall 3 dan Office Tower 5)
K Kinerja proyek merupakan gambaran pencapaian suatu proyek, untukmewujudan tujuan keinginan owner. Tujuan proyek konstruksi harus sesuai mutu,waktu dan biaya. Dengan metode Performance Prism dapat mengukur kinerjaproyek sesuai kebutuhan dan keinginan konsultan pengawas sebagai stakeholderproyek.Pada metode Performance Prism mengidentifikasikan dari lima sisi, yaitustakeholder satisfaction, strategy, process, Capability dan stakeholdercontribution. Proses pengukuran dengan metode Performance Prism dimulaidengan mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan konsultan pengawas padapekerjaan finishing untuk pencapaian tujuan proyek pada faktor kinerja mutu, biayadan waktu lalu menyesuaikan dengan strategi, proses dan kapabilitas untukmemenuhi tujuan tersebut.Untuk meningkatkan kinerja mutu dilakukan strategi meningkatkanpengetahuan sumber daya manusia, dengan proses pendalaman materi sebelummelakukan pekerjaan dilapangan, dengan kapabilitas adanya pelatihan. Untukmeningkatkan kinerja waktu, dilakukan strategi pemeriksaan terhadap rencana,dengan proses supervisi lapangan selalu memberikan laporan dan kendala,dengankapabilitas adanya koordinasi antar tim. Untuk meningkatkan kinerja,strategi adanya progress control dengan proses pemeriksaan dengan kapabilitasadanya audit internal dan ekternal. Indikator dari hasil pengukuran kinerja denganmetode performance prism adalah 55. Indikator dengan objek mutu sebanyak 27indikator hasilnya check list adalah baik. Sedangkan untuk objek waktu dengan 28indikator hasil check list adalah baik.
P Project performance is an overview of the achievement of a project, torealize the purpose of the owner's wishes. Construction project objectives mustmatch quality, time and cost. With the Performance Prism method can measureproject performance according to the needs and wishes of Supervisor consultant asproject stakeholders.In the Performance Prism method identifies from five sides, namelystakeholders satisfaction, strategy, process, Capability and contributionstakeholders. The measurement process with the Performance Prism method beginswith identifying the wishes and needs of supervisory consultants on the finishingwork to achieve the project objectives on the quality performance, cost and timingfactors and then adjust to the strategy, processes and capabilities to fulfill theseobjectivesTo improve quality performance, the strategy is carried out to improvehuman resource knowledge, with the process of deepening the material beforedoing the work in the field, with the capability of training. To improve theperformance of time, a strategy of examination of the plan, with the process of fieldsupervision always provides reports and constraints, with the capacity ofcoordination between teams. To improve performance, the strategy of progresscontrol with the inspection process with the capability of internal and externalaudits. The indicator of performance measurement results with performance prismmethod is 55. Indicators with quality objects as many as 27 indicators the resultchekclist is good. As for the time object with 28 indicators the checklist results aregood.