DETAIL KOLEKSI

Perancangan model pengukuran kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) pada PT. Vendor Anak Indonesia


Oleh : Muhammad Irfan Naufal

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Dadan Umar Daehani

Subyek : Corporations - Performance standards;Organizational effectiveness;Balanced scorecard (Management)

Kata Kunci : SWOT analysis, balanced scorecard, performance measurement, pairwise comparison


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2022_TA_STI_063001500112_-Halaman-Judul.pdf 1046.15
2. 2022_TA_STI_063001500112_Lembar-Pengesahan.pdf 673.28
3. 2022_TA_STI_063001500112_-Bab-1_Pendahuluan.pdf 540.45
4. 2022_TA_STI_063001500112_-Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 671
5. 2022_TA_STI_063001500112_-Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 660.92
6. 2022_TA_STI_063001500112_-Bab-4_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf 1913.71
7. 2022_TA_STI_063001500112_-Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 546.58
8. 2022_TA_STI_063001500112_-Daftar-Pustaka.pdf 514.74
9. 2022_TA_STI_063001500112_Lampiran.pdf 544.86

P PT. Vendor Anak Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 2018, dan bergerak pada bidang jasa on demand procurement seperti konveksi, disain interior, kontaktor, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengukur kinerja perusahaan pada PT. Vendor Anak Indonesia, berdasarkan sejarah perusahaan hanya melihat kinerja nya berdasarkan aspek keuangan Perusahaan juga belum pernah melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh. Pengukuran hanya dilakukan pada bagian – bagian yang dianggap perlu oleh perusahaan, suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan metode Balanced Scorecard (BSC) diperlukan oleh perusahaan, Balanced Scorecard (BSC) merupakan metode yang mampu mendapatkan hasil pengukuran kinerja secara keseluruhan berdasarkan aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, untuk menginformasikan upaya – upaya yang harus diambil saat ini dan dimasa yang akan datang untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Pada tahap awal perancangan BSC, dilakukan penjabaran visi, misi, tujuan dan strategi yang dilakukan analisa terhadap faktor internal dan eksternal menggunakan analisa SWOT untuk memperoleh strategi - strategi yang akan menghasilkan tujuan strategis, dan diperoleh 8 tujuan strategis yang akan dimasukkan kedalam 4 perspektif BSC. Setelah itu, menentukan tolok ukur, target dan inisiatif strategi untuk tiap tujuan strategis, lalu pembuatan Peta Strategi untuk menggambarkan keterkaitan antar tujuan strategis. Sebelum melakukan pengukuran kinerja, dilakukan penentuan Skala Penilaian Pembobotan terhadap tujuan strategis yang saling terkait menggunakan metode Pairwise Comparison. Tahap akhir adalah pengukuran kinerja dengan menghitung skor tiap perspektif dan perusahaan secara menyeluruh, dan diperoleh hasil pengukuran kinerja perusahaan pada perspektif finansial dengan bobot 0.25 dan score 5.00 dengan skala penilaian ,pada perspektif pelanggan memiliki bobot 0.25 dengan score 4.73, pada proses bisnis internal memiliki bobot 0.25 dengan score 4.19 dan perspektif pembelajaran pertumbuhan dengan bobot 0.25 dengan score 4.56 dan rata-rata keseluruhan sebesar 4.62 yang tergolong dalam kategori “Sangat Baik” dari skala 4.21 – 5.00 pada penilaian skala Likert.

P PT. Vendor Anak Indonesia is a company that was founded in 2018, and is engaged in on demand procurement services such as convection, interior design, contactors, and so on. The aim of this research is to design and measure the company's performance at PT. Indonesian Subsidiary Vendors, based on the company's history, have only seen their performance based on financial aspects. The Company has also never conducted a comprehensive performance measurement. Measurements are only carried out on parts that are deemed necessary by the company, a company performance measurement system using the Balanced Scorecard (BSC) method is required by the company, the Balanced Scorecard (BSC) is a method that is able to obtain overall performance measurement results based on financial aspects, customers, internal business processes, as well as learning and growth, to inform current and future efforts to improve company performance. In the early stages of BSC design, the vision, mission, goals and strategies are explained by analyzing internal and external factors using SWOT analysis to obtain strategies that will produce strategic objectives, and 8 strategic objectives are obtained which will be included in 4 BSC perspectives. After that, determine the benchmarks, targets and strategic initiatives for each strategic goal, then create a Strategy Map to describe the interrelationships between strategic goals. Prior to measuring performance, a Weighting Rating Scale is determined for interrelated strategic objectives using the Pairwise Comparison method. The final stage is the measurement of performance by calculating the score of each perspective and the company as a whole, and the results of the measurement of the company's performance on the financial perspective with a weight of 0.25 and a score of 5.00 with a rating scale, on the customer perspective it has a weight of 0.25 with a score of 4.73, on the internal business process it has a weight 0.25 with a score of 4.19 and a growth learning perspective with a weight of 0.25 with a score of 4.56 and an overall average of 4.62 belonging to the "Very Good" category from a scale of 4.21 - 5.00 on a Likert scale assessment.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?