DETAIL KOLEKSI

Perancangan model dan pengukuran kinerja Bangjo Cafe menggunakan pendekatan Swot Balanced Scorecard

0.0


Oleh : Faradhila Dewi Nurani

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Tri Wulandari

Subyek : Employees - Rating of;Balanced scorecard (Management)

Kata Kunci : performance measurement, SWOT balanced scorecard, key performance indicators, pairwise comparison

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_TI_063001600086_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_TI_063001600086_Lembar-Pengesahan.pdf -1
3. 2020_TA_TI_063001600086_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_TA_TI_063001600086_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_TI_063001600086_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_TI_063001600086_Bab-4_Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_TI_063001600086_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_TI_063001600086_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TA_TI_063001600086_Lampiran.pdf

P Penelitian ini dilakukan untuk merancang model dan mengukur kinerja Bangjo Café terhadap empat perspektif kinerja yang ada di dalam Balance Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif prosesbisnis internal, serta persperktif pembelajaran dan pertumbuhan. Langkah pertamayaitu analisa kondisi terkini Bangjo Cafe menggunakan analisis SWOT, yangdilakukan dengan mengkaji faktor internal menggunakan metode Value Chain danPorter’s Five Forces Analysis untuk mengkaji faktor eksternal. Tahap selanjutnya,analisa matriks SWOT untuk menghasilkan usulan strategi. Usulan strategi tersebutkemudian dipetakan dalam empat perspektif. Penyusunan indikator yang pentinguntuk melihat capaian tujuan-tujuan perusahaan disusun dalam Key PerformanceIndicators (KPI). Tahapan selanjutnya adalah pembuatan peta strategi danpembobotan KPI menggunakan metode Pairwise Comparison. Terdapat 8 tujuanstrategi beserta tolak ukur, target perusahaan, dan strategi inisiatif peningkatankinerjanya. Diantaranya pada perspektif keuangan terdapat persentase peningkatanpendapatan dengan hasil sebesar 5,68% dan persentase efisiensi biaya dengan hasilsebesar 4,96%. Pada perspektif pelanggan yaitu persentase tingkat kepuasanpelanggan dengan hasil 60% dan persentase peningkatan jumlah pelanggan denganhasil 6,67%. Pada perspektif proses bisnis internal yaitu jumlah produk baru pertahun dengan nilai 43,2% dan jumlah unggahan di sosial media sebanyak 340 pertahun.. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu jumlah kegiatanpeningkatan kualitas karyawan sebanyak 6 per tahun dan retensi karyawan sebesar45,5%. Pada perspektif keuangan didapatkan nilai hasil 3, pada perspektifpelanggan didapatkan nilai hasil 3.75, pada perspektif proses bisnis internaldidapatkan nilai hasil 3.33, dan pada pespektif pembelajaran dan pertumbuhandidapatkan nilai hasil 3. Dari hasil pengukuran tersebut didapatkan nilai akhir untukpengukuran kinerja perusahaan pada Bangjo Café yaitu sebesar 3.27, ditinjau dariskala penilaian 2.6 – 3.5 yang berarti termasuk di dalam kategori “Cukup Baik”.

T This research was conducted to design a model and measure theperformance of Bangjo Café against four performance perspectives in the BalanceScorecard, namely financial perspective, customer perspective, internal businessprocess perspective, and learning and growth perspective. The first step is toanalyze the current condition of Bangjo Cafe using a SWOT analysis, which iscarried out by examining internal factors using the Value Chain method and Porter'sFive Forces Analysis to study external factors. The next step is to analyze theSWOT matrix to produce a proposed strategy. The proposed strategy is thenmapped in four perspectives. The preparation of indicators that are important to seethe achievement of company goals is compiled in Key Performance Indicators(KPI). The next stage is making a strategy map and weighting the KPI using thePairwise Comparison method. There are 8 strategic objectives along withbenchmarks, company targets, and performance improvement initiative strategies.Among them in the financial perspective there is a percentage increase in revenuewith a yield of 5.68% and a percentage of cost efficiency with a yield of 4.96%. Onthe customer's perspective, the percentage of the level of customer satisfaction witha result of 60% and the percentage increase in the number of customers with a resultof 6.67%. From the perspective of internal business processes, the number of newproducts per year with a value of 43.2% and the number of uploads on social mediais 340 per year. 5%. From the financial perspective, the value of results is 3, thecustomer perspective is 3.75, from the internal business process perspective, thevalue of 3.33 is obtained, and from the perspective of learning and growth, the valueof the results is 3. From the measurement results, the final value for measuring thecompany's performance in Bangjo The café is 3.27, judging from the rating scale2.6 - 3.5 which means it is included in the "Good Enough" category.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?