DETAIL KOLEKSI

Penyusunan indikator kinerja layanan PT. Primajasa Perdanaraya utama yang diintegrasikan dengan Aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) (Rute Jakarta - Bandung)


Oleh : Winda Meiyana Intansari

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Dian Mardi Safitri

Pembimbing 2 : Triwulandari

Subyek : Occupational health and safety

Kata Kunci : balanced scorecard, occupational health and safety (OSH), SWOT analysis, strategy map, performance i


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2016_TA_STI_06312115_Halaman-Judul.pdf 409.76
2. 2016_TA_STI_06312115_Lembar-Pengesahan.pdf 223.61
3. 2016_TA_STI_06312115_Bab-1_Pendahuluan.pdf 198.03
4. 2016_TA_STI_06312115_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 255.09
5. 2016_TA_STI_06312115_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 191.77
6. 2016_TA_STI_06312115_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf 829.39
7. 2016_TA_STI_06312115_Bab-5_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 395.74
8. 2016_TA_STI_06312115_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 159.13
9. 2016_TA_STI_06312115_Daftar-Pustaka.pdf 170.4
10. 2016_TA_STI_06312115_Lampiran.pdf 3752.15

P PT Primajasa Perdanarayutama (PP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan transportasi umum yaitu bus (meliputi AKDP, AKAP dan bus pariwisata) dan taksi. Sa;ah satu bidang jasa layanan PT Primajasa Perdanarayautama yaitu bus AKAP yang memiliki rute layanan yaitu Jakarta – Bandung yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, namun tingkat mobilitas yang tinggi tersebut tidak diimbangi dengan tingginya tingkat produktivitas. Faktor yang dilihat berdasarkan permasalahan perusahaan tersebut adalah faktor Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Hal ini terbukti dengan dilakukannya tinjauan awal terhadap standar minimal pelayanan berdasarkan perspektif K3 yang telah diterapkan pada PT Primajasa Perdanarayautama mengindikasikan sebesar 60,78 % standar telah diterapkan, 7,85 % standar diterapkan tidak secara menyeluruh atau hanya sebagian dan 31,37 % standar tidak diterapkan. Penelitian ini dilakukan guna memperoleh indikator K3 yang dapat merepresentatifkan visi, misi dan strategi perusahaan dari PT Primajasa Perdanarayautama. Balanced Scorecard adalah metode yang berfungsi sebagai penerjemah misi dan strategi organisasi menjadi kriteria-kriteria pengukuran performansi atau kinerja. Metode Balanced Scorecard menggunakan 4 perspektif dalam pengukuran yaitu finance, customer, business internal dan learning & growth. Keempat perspektif Balanced Scorecard tersebut diintegrasikan dengan aspek K3 sehingga menjadi empat perspektif yang terdiri dari value added, health and behaviour, workplace health promotion processes dan workplace health promotion potentials. Dalam perancangan Balanced Scorecard didukung dengan analisis SWOT untuk memetakan strategi yang telah disesuaikan dengan kondisi perusahaan serta Strategy Map untuk mengetahui hubungan antar aspek strategi dengan visi dan misi perusahaan.Dengan demikian, hasil dari Strategy Map tersebut merupakan indikator yang didapatkan untuk pengukuran kinerja pelayanan PT Primajasa Perdanarayautama.

P PT Primajasa Perdanarayautama (PP) is a company that engaged in public transportation service for bus(including AKDP, AKAP and tour bus) and taxi. AKAP bus is one public transportation service that served by PT Primajasa Perdanarayautama for Jakarta –Bandung route which has high mobility level, but it is inversely proportional with the level of productivity. From those company phenomenon, this research conducted review for minimum service standard that implemented by PT Primajasa Perdanarayautama based on Occupational Safety and Health perspective. The result of the review indicates that PT Primajasa Perdanarayautama completely implemented 60,78% of the standard, 7,85% implemented partially and 31,37% is yet implemented. This research was conducted in order to obtain OSH indicators as the representative of company’s vision, mission and strategy. Balanced Scorecard is a method that define mission and strategy of the organization into performance indicator. Balanced Scorecard has four perspectives, those are finance, customer, internal business and learning and growth. Those four perspectives of the Balanced Scorecard were integrated with OSH and thus becoming Balanced Scorecard-OSH perspectives that consist of value added, health and behavior, workplace health promotion and workplace health promotion processes potentials. To build the indicators with Balanced Scorecard, it supported by SWOT analysis to define the strategy and Strategy map to build the the relationship between the strategies. Thus, the OSH indicators for PT Primajasa Perdanarayautama can be obtained.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?