DETAIL KOLEKSI

Perancangan sistem pengukuran kinerja Departemen Human Resources PT. Indonesia Power dengan Metode HR Scorecard


Oleh : Saesari Kusumaningtyas

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Triwulandari SD

Pembimbing 2 : Dorina Hetharia

Subyek : Personnel management;Employees - Rating of

Kata Kunci : performance measurement system, Human Resources Department, PT. Indonesia Power, HR Scorecard Method

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2005_TA_TI_06300036_Halaman-Judul.pdf
2. 2005_TA_TI_06300036_Bab-1.pdf
3. 2005_TA_TI_06300036_Bab-2.pdf
4. 2005_TA_TI_06300036_Bab-3.pdf
5. 2005_TA_TI_06300036_Bab-4.pdf
6. 2005_TA_TI_06300036_Bab-5.pdf
7. 2005_TA_TI_06300036_Bab-6.pdf
8. 2005_TA_TI_06300036_Bab-7.pdf
9. 2005_TA_TI_06300036_Bab-8.pdf
10. 2005_TA_TI_06300036_Daftar-Pustaka.pdf
11. 2005_TA_TI_06300036_Lampiran.pdf

P PT Indonesia Po\\er merupakan salah satu Perusaha an List rik Nega ra terbesa r di Indonesia. dengan pemban gkit yang be rkapasitas daya terpasang terbesar ( lJ(}OU megmrntt) di Indonesia.Dalam rangka mencapai Yisi dan mi si perusahaan yang bertujuan untukmemuaskan konsumen dan ju ga menjadi perusahaan yang rarnah lingkungan sehingga dapat mencapai standard kelas dunia. maka harus didukung oleh elemen-elemen yang ada di peru sahaan dan elemen Human Resour ces merupakan eleman yang paling pentin g.Human Resources Scorecard adalah suatu sistem baru yang yang dapaldigunakan untuk mengukur kinerja karyawan . Dengan H uman Resou rces Scorecard perusahaan dapat mengetahui seberapa jauh kontribusi H uman Resources terh adap bisnis perusahaan dan sejauh mana departemen tersebut mencapai visi dan misi perusahaan.Tahap-tahap dalam perancangan HR Scorecard adalah merumuskan visi, misidan strategi perusahaan . Kemudian merancang sistem pengukuran strategik berdasarkantujuan strategis yang ingin dicapai dengan measurement, target dan inisiatif PTIndonesia Power.Berdasarkan skala likert, nilai masing - masing tujuan strategis yang telah diukur yaitu peningkatan produktivitas karyawan perusahaan sebesar 3; peningkatan kepuasan pelanggan setiap departemen perusahaan sebesar 5; peningkatan performan si setiap karyawan untuk mencapai prestasi kerja yang baik sebesar 3; pelaksanaan rekrutmen yang sesuai dengan kebutuhan setiap departemen sebesar 2; penyelenggaraan training yang efektif sebesar 4; pembayaran kompensasi tepat waktu sebesar 5; menguasai keseluruhan aspek pengetahuan SDM sebesar 4; dan menguasai keseluruhan a.Spek pengetahuan sistem informasi sebesar 4. Dan secara keseluruhan nilai kinerja Departemen Human Resources selama tahun 2003 adalah sebesar 3.5.Saran untuk perusahaan khususnya Departemen Human Resources adalah Departemen Human Resources PT Indonesia Power hams dapat memperbaiki kinerja pada perspektif keuangan, perspektif pelanggan dan perspektif proses bisnis internal. Departemen Human Resources hams dapat menerapkan inisiatif yang telah ada untuk mencapai peningkatan produktivitas dan melakukan evaluasi kinerja karyawan secara berkala Dan yang paling penting Departemen Human Resources dapat menerapkan HR Scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja karyawan perusahaan dengan mengik-ut sertakan manajemen puncak yang mengerti tentang kondisi departemen , masukan - masukan dari departemen lain maupun seluruh karyawan ju ga hams diperhatikan karena akan sangat berguna bagi peningkatan kinerja Departemen Human Resources.

P PT Ind onesia PO\\ er is one of biggest go,·ernment -om1ed Electricity Compan:111 Ind onesia haYing the largest installed electricity generat ing capaci ty or 8978megmYatts.To realize its Yision and mission, \Yhich are aimed to pl ease its customers(consumers) and to become enYironment-friendly company so that it gains \Yorld cl ass standard, it needs the su pport of all units in the company especially the Human Resources which is considered as the most important one.Human Resources Scorecard is a new system that can be applied to measure theemployees' performance. With this system a company can haYe a good knowledge on how far Human Resources contributes to the company 's business and ho\\' far such a department reaches the company's vision and mission.The steps in designing the Human Scorecard for a company are to formulate its vision, mission, and its strategy. Then one has to design strategic measurement s system based on strategic goals that the company wants to achieve by its measurement and target value.Based on Likert 's scale, the score of the individual strategic goals that had been measured showed the following result s: increase in employees' produ ctivity has a score of 3; increase in customer satisfaction of every other department has a score of 5; increase in employees' performance to gain higher achievement has a score of 3: realization of recruitment which met every department's need s has a score of 2: conducting effective training has a score of 4; timely payment of employees· compensation has a score of 5; comprehending all aspects of Human Resources has a score of 4; and comprehending all aspects of Information System know-how has a score of 4. Overall, the work 's score for Human Resources department in 2003 is 3.5.Suggestions for PT. Indonesia Power, especially the Human Resources department, re as follows : Human Resources department should be able to improve company 's performances in financial perspective, consumers' perspective , and internal business perspectiv e. Human Resources department must be able to apply existing initiatives to increase productivity and conduct regular employees ' performance evaluation, and most important is for the Human Resources department to implement HR Scorecard system as an employees ' performance measurement system by involving top management who understand the HR department. Inputs from other departments and all employees mu st also be considered since this will be very useful to increase performance of Hum an Resources

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?