Analisis spiroid winglet pada pesawat subsonic dengan variasi sudut serang terhadap konsumsi bahan bakar menggunakan metode computational fluid dynamics
W inglet merupakan komponen aerodinamika yang digunakan pada sayap pesavvat untuk mengurangi induced drag yang terjadi pada sayap pesawat saat terbang. Induced drag merupakan gaya aerodinamik yang terjadi akibat fenomena vortex pada sayap pesawat dikarenakan adanya perpindahan aliran udara pada lapisan batas dari bagian bawah sayap yang bertekanan tinggi ke bagian atas yang bertekanan rendah. Pada penelitian ini dibahas pengaruh bentuk winglet, yaitu spiroid winglet, pada pesawat subsonic yang akan mengurangi induced drag yang terjadi Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) berdasarkan sudut serang (Angle of Attack) pada sayap pesawat yang menghasilkan gaya angkat. Pada spiroid winglet dengan sudut serang menghasilkan rasio koefisien angkat (CO terhadap koefisien hambat (CD) yang terbesar. Dari analisis data koefisien angkat dan koefisien hambat diketahui terjadi penurunan induced drag sekitar 7,6% dan efisiensi bahan bakar yang terjadi sebesar 8% saat level terbang jelajah dan pada jarak tempuh maksimum.
W inglet is an aerodynamic component used on aircraft wings to reduce the induced drag that occurs on the wing while the aircraft flying. Induced drag is an aerodynamic force that occurs due to the vortex phenomenon on the aircraft wing due to the discrepancy of the airflow at the boundary layer from the bottom of the wing which have high-pressure to the low-pressure at the upper portion. In this research will be discussed the influence of winglet shape, that is spiroid winglet, which will reduce the induced drag that happened on subsonic plane. This research will performed by doing simulation using Computational Fluid Dynamics (CFD) method with variation on Angle of Attack on the wing of the plane which producing the force lift. In the spiroid winglet with 4° angle of attack, the result obtained the higher value of the coefficient lift (CO to coefficient drag (CD) rasio. From the analysis of coefficient lift and coefficient drag data known there is reduction of induced drag approximately 7,6% and fuel efficiency that occurred by 8% while aircraft cruising on maximum travel range.