Evaluasi perhitungan tebal perkerasan runway Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu
T elah dilakukan penelitian untuk mengevaluasi perhitungan dari tebalperkerasan runway pada Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu denganperkeresan lentur, penelitian menggunakan merode ACN – PCN yanh dikeluarkanoleh ICAO (International Civil Aviation Organization). Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui apakah tebal dari runway dapat menampung beban pesawatkritis yaitu Boeing 737-900 ER yang beroprasi pada Bandar Udara Mutiara Sis AlJufri Palu.Pengambilan data pendukung penelitian dilakukan pada sepanjangkegiatan penelitian melalui wawancara, studi literature dan data sekunder padakantor Direktorat Jendral Perhubungn Udara Bandar Udara Mutiara Sis Al JufriPalu. Didapatkan data mentah pergerakan pesawat udara untuk tahun 2015 dankemudian dilakukan penggolongan pesawat udara berdasarkan jenis, dan tipe. Setelah itu dilakukan analisa dengan metode ACN – PCN untuk mendapatkanEkuivalen keberangkatan tahunan oleh desain pesawat udara (Pesawat udarakritis) yang digunakn sebagai dasar perhitungan tebal perkerasan.Hasil analisis dengan keberangkatan tahunan pada tahun 2015 didapatkanAnnual departure sebesar 2805,663. Serta didapat pula ACN = 50 danmenggunakan grafik perkerasan lentur didapat tebal perkerasan lentur runwayadalah 81,3 cm. dengan tebal tersebut didapatkan nilai PCN = 56.
S tudies was conducted to evaluate the runway thickness calculation atMutiara Sis Al Jufri Airport in Palu with flexible pavement, research usingmethods ACN – PCN issued by ICAO (International Civil AviationOrganization). This study aims to determine whether the thickness of runway canaccommodate loads of critical aircraft is a Boeing 737 – 900 ER that operate atMutiara Sis Al Jufri.Retrieval data that support the studies were conducted in all researchactivities through interviews, literature studies and secondary data at the Office ofDirektorat Jendral Perhubungan Udara Mutiara Sis Al Jufri Airport Palu. Rawdata obtained aircraft movement in 2015 then do classification of aircraft based onthe type, and the type. After it was analyzed by the method of ACN – PCN to get Equivalent annual departure by the design of aircraft (Aircraft Critical) were usedas the basis for the calculation of pavement thickness.The result of the analysis with equivalen of Annual Departure in 2015, theannual departure obtained of 2805,663. As well the value of ACN = 50 and usingflexible pavement – curve, thickness of flexible pavement for the runway is 81.3cm. the thickness values obtained with PCN = 56